Tanya Dokter Saluran Kemih: dr. Ong Chin Hu dari Mount Alvernia Hospital Singapura

Forum Tanya Jawab KesehatanKategori: Saluran KemihTanya Dokter Saluran Kemih: dr. Ong Chin Hu dari Mount Alvernia Hospital Singapura
dr. Ong Chin Hu menulis 10 bulan lalu
Saya dr. Ong Chin Hu, dokter saluran kemih dari Ace Urology Clinic & Surgery yang praktik di Mount Alvernia Hospital. Silakan bertanya!

Saya lulus pendidikan kedokteran dari University of New South Wales, Sydney, Australia dan menyelesaikan pelatihan dokter bedah dasar di Royal Australasian College of Surgeons (RACS). Setelahnya, saya mengambil pelatihan bedah saluran kemih di Alexandra Hospital, Singapore dan National University Hospital, Singapore.

Saya menempuh pelatihan di bidang uro-onkologi dan urologi rekonstruktif di bawah bimbingan dokter saluran kemih terkenal, Professor Urs Studer di Bern University Hospital, Switzerland. Satu tahun kemudian, saya bekerja di Laparoscopic Uro-oncology & Stone Surgery di Nepean Hospital (rumah sakit pendidikan University of Sydney) Sydney, Australia, di bawah arahan Professor M Khadra. Saya peraih beasiswa Japanese Urological Association (JUA) International Foundation pada tahun 2012, di mana saya menjalani pelatihan operasi robotik di bawah pengajaran Professor Masato Fujisawa di Kobe University Hospital, Japan.

Saya mendapatkan pengakuan dari beberapa institusi internasional, di antaranya Academy of Medicine, Singapore, the European Board of Urology, and the Royal College of Surgeons’ of Glasgow.

Saat ini saya menjadi dokter tamu saluran kemih di Mount Elizabeth Hospital (Orchard & Novena), Gleneagles Hospital, Mt Alvernia Hospital dan Parkway East Hospital. Saya juga merupakan asisten dokter bedah transplantasi renal di National Organ Transplant Unit (NOTU).

Bidang praktik saya meliputi:
– Pemeriksaan dan penanganan hematuria (kencing berdarah)
– Pemeriksaan dan penanganan PSA abnormal (pemeriksaan kanker prostat)
– Batu ginjal
– Kanker prostat, ginjal, kandung kemih dan testis
– Bedah invasif minimal, endoskopi dan bedah urologi robotik
– Pemeriksaan urin pria dan wanita, misalnya BPH, LUTS, disfungsi cairan
– Infeksi saluran kemih (pria dan wanita), misalnya UTI dan prostatitis
– Disfunsi seksual pria, seperti disfungsi ereksi dan ejakulasi dini
– Penyakit menular seksual
– Andropause pria
– Sunat (anak di atas 12 tahun), vasektomi, dll

Untuk membaca profil Mount Alvernia Hospital, klik tautan berikut: https://www.smarterhealth.id/rumah-sakit/mount-alvernia-hospital-singapura/

Klik tautan berikut untuk membaca profil saya: https://www.smarterhealth.id/dokter-spesialis/ong-chin-hu/

Senang bisa berada di sini. Saya akan menjawab pertanyaan seputar saluran kemih selama 2 minggu ke depan.

===

Ingin bertanya? Tuliskan pertanyaan Anda di kotak paling bawah halaman ini. Jangan lupa cantumkan nama dan alamat email untuk dapatkan notifikasi saat dokter menjawab pertanyaan Anda.

19 Balasan
RM menulis 10 bulan lalu

Halo Dokter, saya mau tanya, saya berusia 30 tahun dan saya tidak bisa ereksi sejak 1 bulan yang lalu ya dok? Saya merokok dan minum alkohol, apakah itu berpengaruh pada kesehatan reproduksi saya?

dr. Ong Chin Hu
dibalas 10 bulan lalu

Tentu saja. Merokok dan konsumsi alkohol mengganggu kesehatan Anda, termasuk mental, saraf, pembuluh darah, dan sistem hormon. Untuk mendapatkan ereksi yang baik, semua sistem ini harus berfungsi dengan baik. Jadi, saran saya, berhenti merokok dan minum alkohol jika Anda ingin sehat secara umum dan seksual.

Bimo menulis 10 bulan lalu
Dokter, saya mau tanya, usia saya 27 tahun dan tidak punya riwayat sakit apapu. Tapi saya punya keluhan nyeri pada saat pipis, dan saya memutuskan untuk periksa ke Dokter. Hasil Usg mengatakan ada tumor di kandung kemih saya, apakah tumor ddi kandung kemih berbahaya dan dapat berubah menjadi kanker?
dr. Ong Chin Hu
dibalas 10 bulan lalu

USG yang dilakukan dokter Anda bukan diagnosis tumor kandung kemih. Anda perlu menemui dokter saluran kemih untuk sistoskopi (memeriksa bagian dalam kandung kemih), dan jika hasilnya terbukti tumor, dokter saluran kemih perlu melakukan biopsi untuk memeriksa apakah tumornya jinak atau ganas.

Tingkat keparahan kondisi Anda tergantung pada histologi tumor tersebut.

RN menulis 10 bulan lalu
Suami saya usia 32 tahun, pipisnya berdarah sejak 2 minggu yang lalu, sempat berhenti 3 hari dan setelah itu berdarah lagi (warna merah). Selain itu, dia juga sering merasa nyeri di punggung bagian tengah, apakah ini berbahaya dok?
dr. Ong Chin Hu
dibalas 10 bulan lalu

Dari usia suami Anda, dan nyeri di punggungnya dan darah di urinnya, kemungkinan besar dia memiliki penyakit kencing batu.

Suami Anda harus menemui dokter saluran kemih dan diperiksa sistem urinnya, untuk memastikan penyebab gejala yang dialaminya. Jika terbukti kencing batu, dokter saluran kemih Anda pasti bisa membantu memutuskan penanganannya.

ema menulis 10 bulan lalu
Halo Dok, Saya mau tanya sudah sekitar 2 hari ini pipis saya mengeluarkan nanah, dan rasanya sangat panas dan sakit. Sakit apakah saya dok? Apakah berbahaya?
dr. Ong Chin Hu
dibalas 10 bulan lalu

Sepertinya gejala infeksi saluran kemih (ISK). ISK banyak terjadi pada wanita, dan jarang menimpa pria. Dokter Anda bisa melakukan pemeriksaan urin, dan meresepkan antibiotik. Kebanyakan ISK teratasi setelah mengonsumsi antibiotik.

R menulis 10 bulan lalu
Dokter, Saya laki-laki berusia 28 tahun, dan maaf say belum di sunat. Saat ini saya punya keluhan sakit saat pipis dan ini bisa berulang kali saya alami dalam sebulan, saya membaca di sebuah artikel hal ini umum terjadi pada orang yang belum di sunat, Apakah saya perlu di sunat dok?
dr. Ong Chin Hu
dibalas 10 bulan lalu

Banyak pria yang tidak disunat dapat menjalani hidup dengan sehat tanpa masalah. Namun, beberapa pria yang tidak disunat mungkin mengalami kulup penis mengencang dan tidak bisa ditarik, yang disebut PHIMOSIS. Kondisi ini dapat menyebabkan kepala penis kotor karena tidak dapat dibersihkan dengan benar. Ini berpotensi menyebabkan peradangan dan infeksi kulit penis dan infeksi saluran kemih. Jika Anda mengalami kondisi seperti ini (harus dengan pemeriksaan dokter) – maka ya, mungkin Anda perlu disunat.

Candra Respati menulis 10 bulan lalu
Saya punya kebiasaan menahan pipis kalau sedang bekerja dok. Sekarang saya sering skelai anyang-anyangan. Dalam seminggu bisa 2-3 kali, apa yang harus saya lakukan untuk menghindari anyang-anyangan? Apakah ini disebabkan karena saya suka menahan pipis?
dr. Ong Chin Hu
dibalas 10 bulan lalu

Saluran kemih bagian bawah (kandung kemih dan uretra) bisa membersihkan sendiri dengan cara buang air kecil. Jika Anda menahan kencing selama berjam-jam, urin jadi jarang keluar, dan bakteri bisa mengendap di sistem kemih lebih lama dan berlipat ganda dan tumbuh sehingga menyebabkan infeksi saluran kemih. Jadi saran saya, Anda harus minum yang cukup dan buang air kecil yang rutin dan sering untuk menghindari infeksi saluran kemih.

Permadi menulis 10 bulan lalu

Dok apa benar masalah ereksi bisa di atasi dgn makanan sehat dan olahraga doang?

Berdikari sembiring menulis 10 bulan lalu

pagi dok mau tanya penyakit suami saya dia kalo kencing kadang sakit dan ngg pernah tuntas kencingnya kalo kt dokter reflak krn pengecilan kantung kemih dan bakteri sdh dikasih antibiotik pun ngg hilang2 bakterinya dok mohon advisnya🙏🙏

OK menulis 10 bulan lalu
Dok, saya gak pede di kasur. Saya sering keluar cepet. Istri saya menyarankan senam kegel. Apa ampuh dok? Apa lagi yang harus saya lakukan?
dr. Ong Chin Hu
dibalas 10 bulan lalu

Ejakulasi dini sangat umum terjadi pada pria. Penanganan tradisional dengan senam kegel secara umum tidak akan mengatasi ejakulasi dini.

Anda bisa konsultasi ke dokter Anda atau dokter saluran kemih sebab ada obat, seperti Priligy, yang bisa membantu kondisi Anda.

Hafiz menulis 10 bulan lalu
Dok, di testis saya kalau diraba kayak ada benjolan. Tapi nggak sakit. Cuma kalo saya tekan jadi ngilu. Ini apa ya? Apa boleh didiamkan saja? Trims
dr. Ong Chin Hu
dibalas 10 bulan lalu

Benjolan pada testis harus selalu diwaspadai, terutama jika tidak terasa sakit.
Anda perlu temui dokter untuk diperiksa dengan lebih baik dan lakukan citraan untuk memastikan tidak ada tumor testis yang bisa bersifat jinak atau ganas.

Balasan Anda






Sebarkan info ini:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?