Tanya Dokter THT: dr. Samuel Yeak dari Mount Elizabeth Novena Hospital Singapura

Forum Tanya Jawab KesehatanKategori: THTTanya Dokter THT: dr. Samuel Yeak dari Mount Elizabeth Novena Hospital Singapura
dr. Samuel Yeak menulis 11 bulan lalu
Saya dokter spesialis THT di Amandela ENT Head And Neck Centre. Saya mendapat pendidikan kedokteran di National University of Singapore (NUS). Setelah lulus, saya bekerja di Tan Tock Seng Hospital and mengambil spesialisasi di bidang Otolaringologi (THT).

Saya bekerja selama setahun di rumah sakit bergengsi Royal National Throat, Nose and Ear Hospital London dan menyelesaikan beasiswa di Edinburg dan Glasgow pada tahun yang sama. Minat saya pada operasi sinus dimulai di London, di bawah pengawasan Prof Valerie Lund, salah satu ahli operasi sinus paling terkenal di Inggris. Di saat yang sama, saya juga punya minat pada alergi saluran pernapasan atas berkat pengaruh Prof Glenis Scadding, ahli alergi terkenal.

Saya menyelesaikan beasiswa kedua saya di Amerika, di bawah bimbingan Dr Frederick Kuhn, ahli operasi sinus terkemuka di dunia yang mempelopori banyak teknik operasi sinus, terutama opreasi sinus frontal kompleks dan operasi sinus revisi.

Pencapaian dalam karier saya, antara lain:

  • Mendirikan laboratorium Rinologi pertama di Singapura untuk meneliti penyakit sino-nasal lebih mendalam, meliputi tes alergi, rinometri, rinomanometri, nasal smears, dan frekuensi detak siliaris.
  • Menjanlankan Nose Clinic, klinik Singapura pertama yang memadukan dokter THT dan ahli alergi.
  • Memperkenalkan Operasi Sinus Dipandu Komputer yang menggunakan teknologi elektromagnetik terbaru di Singapura.Saat ini, operasi dipandu computer sudah menjadi standar penanganan di Singapura, sebagaimana di banyak negara maju.

Pengalaman saya meliputi:

  • Menjadi Kepala Departemen THT di Tan Tock Seng Hospital selama 10 tahun.
  • Dosen Klinis Senior di Yong Loo Lin School of Medicine, National University of Singapore
  • Mantan Presiden Society of Otolaryngology Head & Neck Surgery (Singapura)
  • Anggota Medical Credentialling Committee
  • Ketua Dewan Penasehat Medis di Mount Elizabeth Novena Hospital

Saya telah melatih banyak dokter bedah sinus muda baik di ranah publik maupun swasta di Singapura. Saya juga melatih beberapa dokter rinologi dari Malaysia, Vietnam, Myanmar, Tingkok, dan Arab Saudi yang kini menjadi ahli bedah sinus terkemuka di negaranya masing-masing.

Klik tautan berikut untuk tahu lebih jauh mengenai Mount Elizabeth Novena Hospital: https://www.smarterhealth.id/rumah-sakit/mount-elizabeth-novena-hospital-singapura/

Untuk membaca profil saya, klik tautan berikut ini: https://www.smarterhealth.id/dokter-spesialis/samuel-yeak/

Senang sekali bisa ada di sini dan berdiskusi mengenai kesehatan THT dengan Anda semua. Selama satu minggu ke depan, saya akan menjawab semua pertanyaan Anda. Silakan bertanya kepada saya mengenai masalah THT seperti kebiasaan mengorok, sinus, alergi hidung. Anda bebas bertanya apa saja!

===

Ingin bertanya? Tuliskan pertanyaan Anda di kotak paling bawah halaman ini. Jangan lupa cantumkan nama dan alamat email untuk dapatkan notifikasi saat dokter menjawab pertanyaan Anda.

67 Balasan
Luca menulis 7 bulan lalu

Malam dok,

Saya mau tanya…

Anak saya sudah ada benjolan dari baru lahir sampe sekarang usia 8 bulan. Benjolannya ada di leher sebelah kiri dan ukurannya sama / gak berubah ubah dan sepertinya tdk ada keluhan dari anak saya (klihatannya baik2 saja)…

Apakah itu tidak berbahaya dok? Dan bagaimana penangannya? Lalu apakah harusa saya bawa ke dokter? Mohon jawabannya.

Makasih

dr. Samuel Yeak
dibalas 7 bulan lalu

Seorang anak dengan benjolan di leher sejak lahir menunjukkan bahwa itu adalah lesi bawaan. Fakta bahwa itu tidak berubah ukurannya menunjukkan bahwa itu tidak mungkin menjadi tumor. Kelenjar getah bening sering terjadi pada masa kanak-kanak tetapi biasanya berkembang dengan berbagai infeksi dan bukan sejak lahir. Kista kongenital cukup umum meskipun banyak yang muncul kemudian tetapi beberapa mungkin muncul saat lahir. Jika di garis tengah, itu mungkin kista tiroglosus yang berasal dari jaringan tiroid yang tertinggal di bagian atas leher saat tiroid turun ke bagian bawah leher pada janin. Jika berada di sisi leher, itu mungkin kista branchial yang terbentuk dari lekukan di leher pada embrio. Alur ini menghilang selama perkembangan tetapi beberapa lapisan bisa terkubur dan membentuk kista. Benjolan mungkin juga disebabkan oleh kelainan bawaan misalnya hygroma kistik yang merupakan malformasi limfatik. CT scan diperlukan untuk mengevaluasi benjolan untuk membuat diagnosis yang akurat. Meskipun tidak mendesak, sebagian besar benjolan mungkin harus diangkat sebelum tumbuh terlalu besar atau menimbulkan komplikasi seperti infeksi dan pembentukan abses. Beberapa mungkin juga memiliki risiko perubahan kanker di kemudian hari dan oleh karena itu harus dibuang.

fadhila menulis 7 bulan lalu
dok telinga saya kemasukan serangga, saya sudah lakukan tindakan pertama dengan miringkan telinga yg terkena serangga menghadap ke ataslalu meneteskan minyak zaitun dan tarik daun telinga 1mnt. serangga sudah mati didalam telinga, bagaimna saya mengeluarkan serangganya dok?
dr. Samuel Yeak
dibalas 7 bulan lalu

Anda melakukan hal yang benar. Penting untuk membunuh serangganya terlebih dahulu untuk mencegah kerusakan pada telinga jika serangga tersebut bergerak. Sayangnya, Anda perlu menemui dokter THT Anda agar serangga tersebut dapat disingkirkan. Tidak perlu terburu-buru karena serangga sudah mati.

Ade menulis 7 bulan lalu

dok saya mau tanya..saya pumya.alergi sepertinya setiap bamgun pagi dan dingun asap roko saya bersin2..3 tahun lalu pernah perimsa ke tht dan twrnyata saya ada sinusitis tapi kaya dr tht tdk maslah..sebulan lalu saya tiba2 tdk bisa mencium aroma dan saya konsul inline setelah 4lseminggu berangsur2 membaik..tetapi sudah 5 minggu bkm.normal.sepweti biaaa hanya dapat mencium sedikit kadang banyak ..swab negatif.apakah berpengaruh dr sinus saya..td soew saya mandi dan kemasukan busa sabun muka rasanya sakit.dok..tapi sebentar saya trus keluar cairan seperti waktu kl lagi kumat alergi putih bening dan tdk berbau

dr. Samuel Yeak
dibalas 6 bulan lalu

Alergi di pagi hari umumnya disebabkan oleh alergi tungau debu rumah yang terdapat di kasur, bantal dan tempat tidur. Anda menghirup tungau di malam hari dan merasakan gejalanya saat bangun di pagi hari. Dingin dan asap adalah pemicu non-spesifik yang mengiritasi hidung dan membuat Anda bersin karena alergi yang mendasarinya. Pasien dengan alergi hidung lebih mungkin untuk mengembangkan sinusitis jika alerginya diabaikan. Kehilangan penciuman sering kali merupakan gejala sinusitis, tetapi juga dapat disebabkan oleh infeksi virus yang merusak saraf penciuman yang membantu Anda untuk mencium. COVID tentu saja adalah salah satu contohnya, tetapi bisa juga disebabkan oleh infeksi virus lain. Steroid oral jangka pendek seperti prednisolon atau deksametason dapat membantu penciuman.

sonny witjaksono iskandar menulis 6 bulan lalu

saya mengalami polip hidung sejak 10 tahun lalu

usia saya sekarang 61 tahun

pernah mau di operasi tetapi abort operation, katanya ada anomali dg saluran nafas saya sehingga selang untuk nafas yg dipasang saat operasi tidak bisa terpasang dengan sempurna.

mungkin ini akibat saya pernah tabrakan saat usia 17 tahun (44 tahun lalu) dimana rahang saya kena benturan.

Apakah ada operasi pengangkatan polip tanpa bius total ?

atau apa ada alat pernafasan yang lebih sempurna sehingg abisa dipakai untuk yang anomali seperti saya ?

Thank you so much

dr. Samuel Yeak
dibalas 6 bulan lalu

Polip hidung dan bahkan operasi sinus pasti bisa dilakukan dengan anestesi lokal. Ini sebenarnya rutin dilakukan di China di mana saya pergi secara rutin untuk mengajar operasi sinus. Di Singapura, kami biasanya melakukannya dengan anestesi umum meskipun saya juga pernah melakukannya dengan anestesi lokal bahkan di Singapura ketika pasien tidak ingin atau tidak dapat menjalani anestesi umum. Untuk pasien dengan intubasi yang sulit (penempatan selang pernapasan), ahli anestesi sering kali dapat memasukkan selang dengan skop glide, yang memiliki kamera di ujung skop. Dalam intubasi yang sangat sulit, ruang lingkup fleksibel dapat dimasukkan dari hidung ke dalam jalan napas dengan pasien terjaga dan duduk. Selang pernafasan kemudian dimasukkan melalui scope ke jalan nafas untuk mengamankan jalan nafas sebelum menidurkan pasien. Sangat jarang meninggalkan operasi di Singapura karena intubasi yang gagal.

Defriwandi menulis 6 bulan lalu

dr…. Telinga saya terasa tersumbat seperti terasa d ruangan kedap suara.. awalnya saya mengeluarkan ingus begitu kuat.. setelah itu telinga saya tersa tersumbat.. dan terdengar ada letupan letupan.. sudah satu mnggu lebih saya merasakn ini.. bagimana solusinya dr. Trima kasih

dr. Samuel Yeak
dibalas 6 bulan lalu

Penyumbatan di telinga bisa karena penyumbatan di telinga luar, kerusakan pada gendang telinga, tekanan negatif atau cairan di telinga tengah atau bahkan kerusakan pada telinga bagian dalam. Jika hal itu terjadi setelah mengeluarkan ingus dengan keras dan mendengar bunyi pop, kemungkinan itu adalah masalah telinga tengah, meskipun Anda mungkin perlu ke dokter untuk menyingkirkan masalah lain. Masalah telinga tengah biasanya karena masalah hidung akibat penyumbatan pada saluran eustachius, yaitu saluran dari belakang hidung ke telinga tengah. Dekongestan hidung atau semprotan hidung dapat membantu melegakan telinga. Jika tidak membaik, Anda harus menemui dokter untuk memastikan tidak ada yang menghalangi tuba.

sonny witjaksono iskandar menulis 6 bulan lalu

Terima kasih dr Samuel Yeak atas jawaban pertanyaan saya

Apa saya bisa dapat rekomendasi Rumah sakit atau dokter di Indonesia / Singapura / Malaysia yang bisa melakukan operasi polip hidung dengan cara bius lokal

Terima kasih,

Sonny

Tim Smarter Health
Staff dibalas 6 bulan lalu

Halo. Terima kasih sudah bertanya di Forum Smarter Health Indonesia.

dr. Samuel Yeak dapat melakukan prosedur dengan anestesi lokal. Jika Anda ingin telekonsultasi dengan dr. Samuel Yeak atau minta izin masuk ke Singapura untuk menjalani prosedur tersebut, silakan isi form pada link berikut ini: https://www.smarterhealth.id/dokter-spesialis/samuel-yeak/

Salam hangat,
Smarter Health Indonesia

Aliezha menulis 6 bulan lalu

dok,saya mau nnya..telinga sebelah kanan saya berbunyi seperti detakan jantung.udh priksa ke tht katanya suruh dibiarkan saja.truz 1 bulan kemudian telinga sebelah kanan juga terasa tersumbat/mampet truz sudah sy cek ke tht dan hasilnya ga ada kotoran/infeksi ditelinga saya dok.truz itu penyakit apa ya dok soalnya benar2 mengganggu aktifitas sehari2 saya krn telinga sebelah mampit tidak plong.trmksih

dr. Samuel Yeak
dibalas 6 bulan lalu

Apa yang Anda gambarkan terdengar seperti pulsatile tinnitus, saat telinga menyadari adanya perubahan aliran darah di pembuluh darah terdekat.

Ada banyak penyebab pulsatile tinnitus:
1. Peningkatan aliran darah secara umum mungkin merupakan penyebab tersering. Banyak dari kita pernah mengalami pulsatile tinnitus selama olahraga berat. Itu juga bisa terjadi selama kehamilan. Anemia parah (kekurangan darah) atau kelenjar tiroid yang terlalu aktif juga dapat menyebabkan peningkatan aliran darah secara umum di dalam tubuh.
2. Aliran darah yang terlokalisasi dapat disebabkan oleh tumor yang kemudian membuat perkembangan pembuluh tidak normal
3. Aliran darah yang bergolak dapat terjadi dengan aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah seiring bertambahnya usia. Lebih penting lagi, kondisi ini terkadang disebabkan oleh malformasi vaskular.
4. Kadang-kadang disebabkan oleh kesadaran yang meningkat ketika ada telinga tersumbat yang menyebabkan gangguan pendengaran konduktif, misalnya cairan di telinga tengah.
5. Bisa juga, meski jarang, karena peningkatan tekanan di otak, juga dikenal sebagai hipertensi intrakranial.

Pertama-tama Anda perlu melakukan tes pendengaran dan memeriksa tekanan di telinga tengah Anda. Saya juga merekomendasikan pemindaian MRI untuk menyingkirkan tumor vaskular (mis. Tumor glomus) atau malformasi vaskular (mis. Fistula arterio-vena, yang merupakan hubungan langsung antara arteri dan vena Anda). Kadang-kadang CT scan menunjukkan dehiscence (tulang yang hilang) antara pembuluh darah besar yang menuju ke otak dan telinga tengah. Perawatan akan tergantung pada hasil yang ditemukan.

Arian menulis 6 bulan lalu

Dok,tenggorokan saya seperti ada yg mengganjal sdh lama dokt 2 bulanan, serta nyeri otot leher dan bahu. Apakah ada kaitannya dokt sakit tenggorokan sy dengan neri di leher dan bahu sya dok.

Trims ya dok🙏🙏🙏

dr. Samuel Yeak
dibalas 6 bulan lalu

Saya memerlukan lebih banyak detail untuk mempersempit kemungkinan diagnosis. Berapa usia Anda dan apakah Anda benar-benar mengalami kesulitan menelan? Apakah Anda seorang perokok kronis atau apakah Anda banyak mengonsumsi alkohol? Apakah Anda memiliki gejala tenggorokan lain seperti suara serak dan dahak? Pasien yang lebih tua, mereka yang benar-benar kesulitan menelan, perokok kronis, atau konsumsi alkohol yang tinggi berisiko lebih tinggi terkena kanker tenggorokan. Jika Anda masih muda dan tidak memiliki faktor risiko kanker tenggorokan, penyebab tersering adalah sindrom globus yang dianggap bersifat psikologis. Ini mungkin dimulai dengan beberapa peradangan lokal tetapi kekhawatiran dapat menyebabkan kejang pada otot tenggorokan, yang mengakibatkan sensasi seperti ada sesuatu yang menghalangi tenggorokan, kadang-kadang digambarkan sebagai sensasi benjolan di tenggorokan. Penyebab umum peradangan adalah refluks asam dari lambung. Anda perlu menemui dokter THT untuk mengesampingkan masalah serius terlebih dahulu. Dengan kejang otot dan kekhawatiran, itu juga bisa menyebabkan nyeri otot di leher dan bahu. Namun saya melihat seorang pasien dengan kanker tenggorokan baru-baru ini. Dia mengalami nyeri otot sisi kanan di leher yang ternyata merupakan kanker yang menyebar ke kelenjar getah bening di bagian kanan leher dan menyerang otot-otot sekitarnya. Ini tentu saja jarang terjadi, tetapi harap temui dokter untuk mengesampingkan masalah karena Anda sudah memiliki gejala selama 2 bulan

devi nori andani menulis 6 bulan lalu

malam dok,saya devi umur saya 22 tahun,hampir 2 tahun ini saya mengalami habis bangun tidur pagi atau siang mulut berasa kering, haus,dan pahit tiap hari merasakan itu dok,apakah ini berbahaya? terima kasih

dr. Samuel Yeak
dibalas 6 bulan lalu

Pada usia 22 tahun, gejala Anda mungkin tidak akan serius. Jika mulut Anda kering setelah bangun tidur, bisa jadi karena Anda bernapas melalui mulut saat tidur. Pasien juga sering mengalami hidung tersumbat saat bangun tidur. Mulut kering juga bisa disebabkan oleh masalah autoimun yang lebih sering terjadi pada wanita muda. Terkadang, penderita juga mengeluhkan mata kering dan kelenjar ludah yang bengkak di belakang atau di bawah rahang. Ini adalah kondisi tidak umum yang disebut sindrom Sjogren. Ini adalah bagian dari spektrum penyakit di mana Anda mengembangkan antibodi terhadap kelenjar ludah Anda sendiri yang menyebabkan kekeringan. Mulut kering adalah gejala yang paling umum muncul. Tes darah dapat dilakukan untuk menyaring masalah ini.

Tikha menulis 6 bulan lalu

deviasi septum apakah bisa diobati tanpa operasi dok…

sudah 2 bulan ini sy merasakan hidung tersumbat kadang dikedua sisi yg membuat pernafasan sy jd agak sesak dan dada kanan saya sering nyeri…

sudah konsultasi ke dr tht & harus diambil tindakan operasi…

jujur sy masih takut dok…

apakah nnti akan ada efek samping setelah operasi….

dr. Samuel Yeak
dibalas 6 bulan lalu

Septum hidung yang menyimpang tidak dapat diluruskan tanpa operasi. Penyumbatan hidung biasanya disebabkan oleh pembengkakan turbinat dan bukan hanya septum hidung yang menyimpang. Turbinat adalah struktur di sisi hidung yang membantu menghangatkan dan melembabkan udara yang kita hirup. Biasanya terjadi pembengkakan karena alergi atau infeksi. Perawatan medis seringkali dapat membantu mengurangi pembengkakan dan menghindari perlunya operasi. Terkadang, radiofrekuensi turbinat juga dapat membantu. Ini adalah operasi yang jauh lebih kecil yang dilakukan dengan anestesi lokal.

Jika Anda benar-benar membutuhkan septoplasty, itu bukanlah operasi yang besar juga. Biasanya dilakukan dengan bius total tetapi dapat dilakukan dengan bius lokal. Tidak ada luka di wajah. Potongan kecil dibuat di dalam hidung dan lapisan septum hidung diangkat dari tulang dan tulang rawan. Tulang rawan kemudian terlepas dari perlekatan tulang sehingga dapat berayun kembali ke posisi lurus. Bagian tulang yang bengkok dipangkas kemudian potongan tersebut diperbaiki dengan jahitan yang dapat diserap. Ini akan larut seiring waktu dan tidak perlu dibuang. Kami sering memasang bidai di hidung untuk membantu septum tetap lurus. Ini diangkat setelah seminggu. Kami juga membungkus hidung dengan spons semalaman untuk membantu menghentikan pendarahan.

Balasan Anda






Sebarkan info ini:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?