Tanya Dokter THT: dr. Samuel Yeak dari Mount Elizabeth Novena Hospital Singapura

Forum Tanya Jawab KesehatanKategori: THTTanya Dokter THT: dr. Samuel Yeak dari Mount Elizabeth Novena Hospital Singapura
dr. Samuel Yeak menulis 11 bulan lalu
Saya dokter spesialis THT di Amandela ENT Head And Neck Centre. Saya mendapat pendidikan kedokteran di National University of Singapore (NUS). Setelah lulus, saya bekerja di Tan Tock Seng Hospital and mengambil spesialisasi di bidang Otolaringologi (THT).

Saya bekerja selama setahun di rumah sakit bergengsi Royal National Throat, Nose and Ear Hospital London dan menyelesaikan beasiswa di Edinburg dan Glasgow pada tahun yang sama. Minat saya pada operasi sinus dimulai di London, di bawah pengawasan Prof Valerie Lund, salah satu ahli operasi sinus paling terkenal di Inggris. Di saat yang sama, saya juga punya minat pada alergi saluran pernapasan atas berkat pengaruh Prof Glenis Scadding, ahli alergi terkenal.

Saya menyelesaikan beasiswa kedua saya di Amerika, di bawah bimbingan Dr Frederick Kuhn, ahli operasi sinus terkemuka di dunia yang mempelopori banyak teknik operasi sinus, terutama opreasi sinus frontal kompleks dan operasi sinus revisi.

Pencapaian dalam karier saya, antara lain:

  • Mendirikan laboratorium Rinologi pertama di Singapura untuk meneliti penyakit sino-nasal lebih mendalam, meliputi tes alergi, rinometri, rinomanometri, nasal smears, dan frekuensi detak siliaris.
  • Menjanlankan Nose Clinic, klinik Singapura pertama yang memadukan dokter THT dan ahli alergi.
  • Memperkenalkan Operasi Sinus Dipandu Komputer yang menggunakan teknologi elektromagnetik terbaru di Singapura.Saat ini, operasi dipandu computer sudah menjadi standar penanganan di Singapura, sebagaimana di banyak negara maju.

Pengalaman saya meliputi:

  • Menjadi Kepala Departemen THT di Tan Tock Seng Hospital selama 10 tahun.
  • Dosen Klinis Senior di Yong Loo Lin School of Medicine, National University of Singapore
  • Mantan Presiden Society of Otolaryngology Head & Neck Surgery (Singapura)
  • Anggota Medical Credentialling Committee
  • Ketua Dewan Penasehat Medis di Mount Elizabeth Novena Hospital

Saya telah melatih banyak dokter bedah sinus muda baik di ranah publik maupun swasta di Singapura. Saya juga melatih beberapa dokter rinologi dari Malaysia, Vietnam, Myanmar, Tingkok, dan Arab Saudi yang kini menjadi ahli bedah sinus terkemuka di negaranya masing-masing.

Klik tautan berikut untuk tahu lebih jauh mengenai Mount Elizabeth Novena Hospital: https://www.smarterhealth.id/rumah-sakit/mount-elizabeth-novena-hospital-singapura/

Untuk membaca profil saya, klik tautan berikut ini: https://www.smarterhealth.id/dokter-spesialis/samuel-yeak/

Senang sekali bisa ada di sini dan berdiskusi mengenai kesehatan THT dengan Anda semua. Selama satu minggu ke depan, saya akan menjawab semua pertanyaan Anda. Silakan bertanya kepada saya mengenai masalah THT seperti kebiasaan mengorok, sinus, alergi hidung. Anda bebas bertanya apa saja!

===

Ingin bertanya? Tuliskan pertanyaan Anda di kotak paling bawah halaman ini. Jangan lupa cantumkan nama dan alamat email untuk dapatkan notifikasi saat dokter menjawab pertanyaan Anda.

67 Balasan
Rosnah bt Md Noh menulis 3 bulan lalu

Selamat pagi..saya dr p.pinang..saya mengalami telinga yg brbunyi lebih 5 bulan…dah jmp dktor beberapa kali tak semboh..telinga msih tak semboh. Berubat secara traditional pn msih tak semboh tapi bunyi d telinga dr kuat mnjadi prlahan tapi msih brbunyi. Apakah yg harus lakukan. Sekarang ni saya makan ubat homoepati.

dr. Samuel Yeak
dibalas 3 bulan lalu

Denging di telinga disebut tinnitus. Anda memerlukan tes pendengaran untuk memastikan bahwa tidak ada gangguan pendengaran, jika ini belum dilakukan. Jika ada gangguan pendengaran, pemeriksaan lebih lanjut mungkin perlu dilakukan. Tinitus tanpa gangguan pendengaran biasanya tidak berbahaya tetapi sulit diobati dan dapat mempengaruhi banyak pasien secara psikologis. Beberapa dapat mengalami kesulitan tidur yang memperburuk tinitus. Beberapa menjadi depresi dan bahkan bisa bunuh diri. Pertama-tama yakinkan bahwa jika Anda memiliki pendengaran normal, tinitus tidak berbahaya. Anda tidak memiliki tumor otak! Untuk beberapa pasien, mereka hanya membutuhkan kepastian dan kemudian dapat mengatasi tinitus dengan lebih baik. Ada obat-obatan yang dapat Anda coba untuk tinnitus – untuk meningkatkan sirkulasi ke telinga bagian dalam (misalnya Betaserc, gingko dll), vitamin B dosis tinggi (misalnya neurobion, methylcobal) dan bahkan obat penenang jika Anda sulit tidur. Jika ini sudah pernah dicoba, Anda harus mencoba langkah-langkah penanggulangan untuk menutupi tinnitus – pada dasarnya menggunakan suara untuk menutupi suara. Kebanyakan memperhatikan bahwa jika lingkungan terlalu sepi, tinitus menjadi lebih keras. Suara alam terbukti dapat menutupi tinitus dengan lebih baik. Ada CD yang memutar suara air mengalir dan kicau burung, mirip saat Anda mengunjungi spa. White noise terbukti paling efektif dalam menutupi tinitus. Ini adalah suara berisik yang Anda dapatkan di antara stasiun radio yang bisa sangat mengganggu! Masker tinitus biasanya memiliki white noise yang dicampur dengan beberapa suara yang menenangkan untuk menutupi tinitus. Tindakan lain termasuk tindakan untuk membantu Anda rileks, misalnya olahraga ringan setelah makan malam, membaca buku, minum segelas minuman hangat, mengatur waktu tidur yang teratur, memotong perangkat elektronik sebelum tidur, dll.

Dewani Kelir Insani menulis 3 bulan lalu

dok saya mau tanya, saya wanita 26 th. beberapa waktu yg lalu saya flu dan batuk, setelah sembuh kok seperti masih ada cairan yg tersisa di ujung hidung. hidung sering mampet di sisi kiri, wajah sebelah kiri juga nyeri, apalagi di daerah alis, batang hidung, dan tulang pipi kiri bawah mata. hidung saya juga berbau busuk. saya sudah minum obat anti nyeri tp tidak membaik, dan tetap membuat sakit kepala. bagaimana ya dok? terimakasih

dr. Samuel Yeak
dibalas 3 bulan lalu

Anda mungkin mengalami infeksi sinus. Anda harus menemui dokter bedah THT untuk memastikan diagnosisnya. Dia juga dapat mengumpulkan kotoran dan mengirim ke laboratorium untuk dilakukan biakan guna melihat bakteri apa yang tumbuh agar bisa mengobati infeksi dengan lebih akurat. Antibiotik dapat membantu mengatasi infeksi. Selain itu, steroid topikal dan bahkan oral dapat membantu sinus mengalir lebih baik. Jika masih ada respons yang buruk, pencucian antral mungkin diperlukan. Ini melibatkan menusuk dinding sinus melalui hidung dan membersihkan sinus. Karena hanya satu sisi, Anda mungkin juga perlu menemui dokter gigi untuk menangani kemungkinan infeksi gigi yang telah masuk ke dalam sinus. Akhirnya jika semuanya gagal, Anda mungkin perlu operasi sinus.

Ana menulis 3 bulan lalu

Saya mau bertanya dok.

3 bulan belakangan ini saya memperhatikan ada benjolan di tulang bagian leher sebelah kanan saya. Saya melihat di google namanya tulang selangka. Kalo saya tekan/ sentuh tidak terasa sakit. Tapi akhir2 ini setiap bangun tidur tangan sebelah tangan saya terasa pegal dan sedikit susah digerakkan. Saya khawatir dok dengan kondisi saya. Saya memohon bantuan dan saran dari dokter. Trimakasih sebelumnya

dr. Samuel Yeak
dibalas 2 bulan lalu

Ini sebenarnya bukan pertanyaan THT. Anda mungkin perlu menemui ahli bedah ortopedi (spesialis tulang). CT scan dapat membantu menentukan sifat benjolan

Faizal menulis 2 bulan lalu

Selamat Siang dok, mau tanya, hari jum’at kemarin saya baru saja operasi polip hidung, saya mau bertanya terkait makanan apa yg perlu dihindari dan dianjurkan pasca operasi polip hidung

dr. Samuel Yeak
dibalas 2 bulan lalu

Anda boleh makan dengan normal setelah operasi polip hidung

Nona menulis 2 bulan lalu

Selamat sore dok. Saya wanita berusia 28 tahun. Saya memiliki riwayat sinusitis karena alergi dingin, debu dan makanan pedas mulai dari usia 3 tahun. Saat alergi kambuh, pasti akan terlihat bulu hidung (maaf) yang rontok bersamaan dengan sekret berwarna bening. Kadang satu sampai tiga helai sehari. Di hari berikutnya tidak. Tetapi dua hari kemudian seperti itu kembali. Apakah itu normal dok? Apakah ada cara mengeluarkan sekret dari hidung sehingg menghindari hal tersebut dok?

dr. Samuel Yeak
dibalas 2 bulan lalu

Anda mungkin menderita rinitis alergi daripada sinusitis. Jika hidung Anda sering mengeluarkan cairan, menggosok terus-menerus dapat menyebabkan sebagian rambut hidung rontok. Ini seharusnya tidak menjadi perhatian utama. Anda harus mengobati alergi yang mendasari dengan semprotan hidung dan obat alergi (seperti antihistamin). Tes alergi mungkin berguna untuk membantu Anda menghindari paparan alergen.

hengki menulis 2 bulan lalu

dok,telinga saya berfengung

tetapi jika mendengarkan suara yg lebih nyaring ,dengung nya lebih nyaring lagi dok

dr. Samuel Yeak
dibalas 2 bulan lalu

Anda menderita tinitus. Anda mungkin memerlukan tes pendengaran untuk mengetahui apakah Anda mengalami gangguan pendengaran. Diagnosis tergantung pada apakah ada gangguan pendengaran.

Michelle menulis 2 bulan lalu

Hallo doc, saya wanita 23thn aktif berolahraga.

Jadi kondisi saya jika berkeringat (seperti sedang gym) kedua daun telinga saya gatal dan seperti bentol besar sekali bagian belakang telinga, itu kira kira kenapa ya dok? Sebenarnya tidak terlalu mengganggu namun saya penasaran knp bisa begitu. Terimakasih sehat selalu😉

dr. Samuel Yeak
dibalas 2 bulan lalu

Jika hanya gatal saat berkeringat, mungkin tidak ada apa-apa. Jika gatal terus berlanjut, Anda mungkin perlu menyingkirkan infeksi jamur. Ini bisa terjadi jika Anda banyak berkeringat dan juga memiliki banyak kotoran telinga. Kelembaban yang berlebihan di telinga kondusif bagi pertumbuhan jamur. Benjolan di belakang telinga mungkin tidak berhubungan dengan rasa gatal. Jika Anda mengalami infeksi telinga, benjolan itu bisa jadi merupakan kelenjar getah bening. Lebih umum memiliki kista sebasea di belakang telinga. Mereka biasanya tidak menimbulkan masalah kecuali mereka terinfeksi.

Ainin zain zahro menulis 2 bulan lalu
dok telinga saya setelah berenang terasa sakit, dan wajah saya kaku sebelah. setelah berhari hari muncul nanah dan darah dok. sakitnya di bagian dalamm itu kenapa ya dok??
dr. Samuel Yeak
dibalas 2 bulan lalu

Anda mungkin mengalami infeksi telinga luar yang cukup sering terjadi pada perenang dan karenanya juga dikenal sebagai telinga perenang. Anda perlu ke dokter untuk membersihkan telinga dan mulai dengan obat tetes telinga antibiotik. Untuk mencegah infeksi lebih lanjut, sebaiknya kenakan penutup telinga saat berenang.

Ibdrayana menulis 2 bulan lalu
saya usia 54vthn di diagnosa LPR dari pemeriksaan THT endoskopi hidung dikatakan Laryx saya bengkak..Bagaomana cara mengobati LPR dan berapa lama LPR sembuh ? saya sdh bosan diet
dr. Samuel Yeak
dibalas 2 bulan lalu

LPR terutama ditangani dengan perubahan gaya hidup sebagaimana Anda telah diajarkan. Hindari kopi, teh dan alkohol; hindari makanan yang digoreng, berminyak, pedas dan asam dll. Hindari makan besar dan tidur dengan perut kenyang. Jadi ambillah makan malam ringan dan lebih awal dan berjalan-jalan setelah makan malam untuk membantu pencernaan. Tidur dengan kepala ditopang juga dapat membantu. Latihan dan penurunan berat badan akan meningkatkan kekencangan otot dan mengurangi tekanan perut yang menyebabkan refluks. Obat juga bisa diminum untuk mengurangi refluks. Saya telah memberikan jawaban terperinci sebelumnya – untuk mengurangi produksi asam dan meningkatkan motilitas saluran cerna bagian atas. Pada sebagian kecil pasien, pembedahan dapat membantu mengencangkan sfingter esofagus bagian bawah (membuka) ke dalam perut.

Marfuah menulis 2 bulan lalu

Dr saya penderita tinnitus yg sdh periksake THT,di berikan obat tebokan dan mecobalamin,apakah obat ini aman unt penderita asam lambung?

dr. Samuel Yeak
dibalas 2 bulan lalu

Ya, Tebokan dan mecobalamin umumnya aman bagi penderita gangguan lambung.

Balasan Anda






Sebarkan info ini:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?