Tanya Dokter Tulang: dr. Ang Chia Liang dari Mount Elizabeth Novena Hospital Singapura

Forum Tanya Jawab KesehatanKategori: TulangTanya Dokter Tulang: dr. Ang Chia Liang dari Mount Elizabeth Novena Hospital Singapura
dr. Ang Chia Liang menulis 11 bulan lalu
Saya dokter spesialis tulang senior di Centurion Orthopaedic Centre. Saya berpengalaman lebih dari 17 tahun menangani masalah tulang (ortopedi), dengan fokus operasi lubang kunci (artroskopi) pada lutut, panggul, pundak, dan pergelangan kaki. Sub-spesialisasi saya di bidang penanganan invasif-minimal pada persendian, penggantian sendi dan patah tulang. Saya berpengalaman menangani masalah penurunan fungsi dan kondisi lain yang mempengaruhi ligamen, meniscus, dan tulang rawan.

Saya pernah menangani penggantian kompleks lutut dan sendi panggul pada pasien berusia 90 tahun. Teknik saya membantu pasien pulih dan beraktivitas kembali dengan cepat.

Saya menangani pasien dengan metode operasi maupun non-operasi, yang disesuaikan dengan kondisi setiap pasien agar mencapai hasil yang maksimal, sesuai harapan pasien.

Saya lulus dari National University of Singapore, dan pernah bekerja di The Royal Orthopaedic Hospital, Birmingham, Inggris dan klinik terkemuka di Amerika yang tercatat di American Orthopaedic Association-ASEAN Programme. Saya juga pernah belajar di American College of Surgeons, selain menjadi Anggota Asosiasi Ortopedi Singapura, dan Anggota Asosiasi Dokter Singapura.

Klik tautan berikut untuk tahu lebih jauh mengenai Mount Elizabeth Novena Hospital: https://www.smarterhealth.id/rumah-sakit/mount-elizabeth-novena-hospital-singapura/

Untuk membaca profil saya, klik tautan berikut ini: https://www.smarterhealth.id/dokter-spesialis/ang-chia-liang/

Senang sekali bisa ada di sini dan berdiskusi mengenai kesehatan tulang dan sendi dengan Anda semua. Selama satu minggu ke depan, saya akan menjawab semua pertanyaan Anda. Silakan bertanya kepada saya mengenai masalah tulang, penanganan lubang kunci, atau tips menjaga kesehatan tulang. Anda bebas bertanya apa saja!

===

Ingin bertanya? Tuliskan pertanyaan Anda di kotak paling bawah halaman ini. Jangan lupa cantumkan nama dan alamat email untuk dapatkan notifikasi saat dokter menjawab pertanyaan Anda.

10 Balasan
Dewi Sekar Ratri menulis 11 bulan lalu

Anak saya (Wanita, usia 19 thn). 1 Bulan yang lalu jatuh dari tangga. Agar tidak tergelincir, dicoba tahan dengan lutut. Awalnya hanya sedikit memar, namun tidak dirasakan. 1 minggu terkahir dirasakan nyeri & sakit (khusunya saat beraktivitas). Kami coba ajak ke Dokter di RS, disarankan MRI & menurut dokter ada sedikit robek di miniscus & disarankan untuk operasi atroskopi. Apakah perlu operasi atau bisa dengan cara lain?

dr. Ang Chia Liang
dibalas 11 bulan lalu

Meniskus yang sobek tidak bisa sembuh sempurna dengan sendirinya. Kondisi ini yang menyebabkan sakit di kaki anak Anda selama sebulan dan sekarang bertambah parah. Mengingat usianya yang 19 tahun, sebaiknya lakukan artroskopi untuk memperbaiki meniskusnya. Ini penting supaya ia bisa memiliki kondisi lutut yang baik lagi untuk tahun-tahun mendatang. Tanpa memperbaiki meniskusnya, sakit di lututnya akan sulit hilang.

Wita Agustani menulis 11 bulan lalu

Saya berusia 22 tahun dengan kondisi Skoliosis derajat 30, Dokter Tulang saya hanya menyarankan untuk pemakaian traksi untuk kondisi saya. Namun, saya merasa malu memiliki postur tubuh seperti ini, apakah bisa saya meminta untuk melakukan operasi untuk memperbaiki struktur tulang belakang saya?

dr. Ang Chia Liang
dibalas 11 bulan lalu

Operasi untuk memperbaiki skoliosis meliputi pemasangan besi, ini akan membuat punggung lebih kaku dan kurang fleksibel. Mengobati tulang punggung di usia 22 bisa membuat penampilan Anda membaik tapi fungsinya juga akan menurun. Selain itu, ada risiko untuk melakukan operasi lanjuran apabila ditemukan masalah pada bagian punggung yang lain di kemudian hari. Lebih baik tidak memilih operasi, namun lakukan pemantauan tahunan terhadap kondisi skoliosis tersebut.

Donny Susanti menulis 11 bulan lalu

Saya mau tanya Dok, Saya berusia 50 tahun, Saya pernah kena saraf kejepit di L4 dan L5, sudah di operasi pasang 2pcs silicone 4tahun lalu. Namun belakangan ini saya merasakan nyeri pada punggung saya pada saat duduk dan bangun dari duduk. Apakah saraf kejepit saya kambuh kembali? Apa yang harus saya lakukan untuk mengurangi nyeri nya?

dr. Ang Chia Liang
dibalas 11 bulan lalu

Saat sakitnya kumat, itu bisa jadi tanda melemahnya tulang belakang atau masalah terkait pemasangan silikon. Anda perlu MRI kontras untuk memeriksa kondisi lumbar.

Ummah Ika menulis 11 bulan lalu

Saya merasakan sakit pada bagian tulang ekor saya jika saya duduk terlalu lama. Namun, rutinitas pekerjaan saya mengharuskan untuk duduk seharian. Apakah ada saran untuk mengatasi hal ini?

dr. Ang Chia Liang
dibalas 11 bulan lalu

Sakit di bagian tulang ekor biasanya perlu waktu lama untuk disembuhkan. Beberapa tips yang bisa membantu Anda:
1) Jangan duduk terlalu lama. Berdiri dan lakukan peregangan 1-2 jam sekali.
2) Olahraga rutin untuk meregangkan otot di sekitar tulang ekor. Anda bisa tonton video berikut https://www.youtube.com/watch?v=XJoHj3sBtnw
3) Pasang sandaran di kursi Anda.
4) Gunakan alas berbentuk donat saat duduk untuk melindungi tulang ekor.

Arif Hidayat menulis 11 bulan lalu

Saya merasakan nyeri pada bagian jari saya, terutama jempol. Ketika digerakkan memutar, ada bunyi ‘’krek’’. Gejala apa ya dok?

dr. Ang Chia Liang
dibalas 11 bulan lalu

Bunyi “krek” dan rasa nyeri bisa jadi disebabkan oleh cedera ligamen di sekitar ibu jari, atau ausnya tulang rawan ibu jari.

Ini bisa diatasi, tapi Anda memerlukan pemeriksaan fisik dan mungkin MRI juga.

Ahmad Rizky menulis 11 bulan lalu
Saya memiliki postur badan bungkuk, apakah bisa diperbaiki? atau ada pengobatan / terapi agar saya bisa tegak?
dr. Ang Chia Liang
dibalas 11 bulan lalu

Tubuh yang bungkuk bukan masalah yang umum. Seringkali, disebabkan oleh struktur tulang dan otot orang tersebut.

Jika tidak merasakan sakit, Anda bisa melakukan olahraga punggung dan leher secara rutin untuk menguatkan otot inti dan membentuk postur tubuh lebih baik. Anda bisa mempelajarinya dari profesional seperti fisioterapis. Hal lain yang bisa membantu menjaga bentuk tubuh adalah menggunakan penopang punggung di kursi dan duduk dengan tegak. Ini bisa memperbaiki postur tubuh Anda.

ria menulis 7 bulan lalu

Selamat sore dok, saya ada sepupu pasca kecelakaan patah tulang di operasi, tapi hasilnya tidak membaik.

justru di vonis amputasi, masih bisa kah di tangain dok

dr. Ang Chia Liang
dibalas 7 bulan lalu

Hai. Tentunya prinsip dari cedera tersebut adalah untuk menyelamatkan anggota tubuh, dan berbagai cara untuk memperbaiki patah tulang, mentransfer jaringan lunak, atau mengaplikasikan pembalut isap selama berbulan-bulan. Namun, jika kondisi jaringan lunak sangat terganggu karena cedera, itu mungkin menjadi alasan amputasi. Sayangnya, tidak ada informasi yang cukup untuk membuat keputusan apakah dapat dirawat dengan cara lain.

Tionugraha menulis 3 bulan lalu

Malam dok…dok kenapa ya sendi semua tubuh kalo gerak bunyi tok dan saraf denyut denyut

dr. Ang Chia Liang
dibalas 3 bulan lalu

Suara dari persendian Anda mungkin berarti kerusakan progresif pada persendian karena keausan. “Saraf berdenyut” mungkin terkait dengan keausan sendi, di mana ada lebih banyak ketegangan pada otot di sekitarnya untuk mengimbangi sendi yang aus.

Nday menulis 3 bulan lalu
Saya wanita usia 27 tahun. Lutut saya sakit sudah 1 tahun. Sakit jika naik turun tangga. Bangun dari duduk. Dan bunyi krek-krek. Hasil Rontgen menunjukkan kan kondisi lutut baik. Tapi kenapa lutut saya sakit. Kira2 ini sakit apa?sasayasayasayasayawa

Tionugraha menulis 3 bulan lalu

Selain sendi bunyi saraf denyut denyut kepala kiri sering pusing dan leher bawah kepala terasa tegang dan badan panas terada di olesi cabe dan di kulit keluar kya jerawat dok kalo badan panas .dan baik nya harus ke spesialis apa dan cek penunjang nya apa aja dok

dr. Ang Chia Liang
dibalas 3 bulan lalu

Kondisi yang paling mungkin terjadi adalah kerusakan tulang rawan (tulang lunak) di bagian depan lutut Anda. Kondisi tersebut mungkin juga karena masalah struktur lutut yang melekat, seperti lutut miring atau tempurung lutut salah. Roentgen mungkin tidak menunjukkan kondisi tersebut karena rontgen tidak menampilkan kerusakan tulang rawan. Anda memerlukan pemindaian MRI untuk memeriksanya.

Perawatan mungkin menggunakan bentuk injeksi untuk melumasi atau merangsang penyembuhan, atau perawatan lubang kunci untuk memperbaiki tulang rawan, dengan fisio sebagai tambahan penting. Ini tergantung pada tingkat keparahan kondisi yang terlihat pada MRI.

Balasan Anda






Sebarkan info ini:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?