Tanya Dokter Tulang: dr. Chang Kok Chun dari Sunway Medical Centre Velocity Malaysia

Forum Tanya Jawab KesehatanKategori: TulangTanya Dokter Tulang: dr. Chang Kok Chun dari Sunway Medical Centre Velocity Malaysia
dr. Chang Kok Chun menulis 9 bulan lalu
Saya dr. Chang Kok Chun, dokter bedah tulang dari Sunway Medical Centre Velocity, rumah sakit swasta komprehensif di Kuala Lumpur, Malaysia.

Fokus klinis saya meliputi:
– Ortopedi umum
– Ortopedi trauma
– Tulang belakang
– Cedera olahraga
– Penggantian sendi
– Intervensi nyeri

Fokus prosedur saya, antara lain:
– Operasi ortopedi umum dan trauma
– Operasi tulang belakang (terbuka, invasif minimal, endoskopik)
– Artroskopi dan operasi terkait
– Operasi penggantian sendi artroplasti
– Prosedur intervensi nyeri perkutan

Kualifikasi pendidikan saya, di antaranya:
-Master Degree in Orthopaedic Surgery ( University Malaya )
-CMIA (NIOSH penilai independen disabilitas bersertifikat)
-AO Trauma Fellowship ( Austria )
-Fellowship dalam operasi tulang belakang ( Hong Kong )
-Medical School, University Malaya, Malaysia

Saya saat ini merupakan anggota Malaysian Medical Association (MMA), Malaysian Orthopaedic Association (MOA)
Malaysian Spine Society (MSS), AO Spine, dan Malaysian Association for the study of Pain (MASP).

Untuk informasi mengenai Sunway Medical Centre Velocity, klik di sini: https://www.smarterhealth.id/rumah-sakit/sunway-medical-centre-velocity/

Baca profil saya di sini: https://www.smarterhealth.id/dokter-spesialis/chang-kok-chun/

Senang bisa berada di sini. Selama 2 minggu ke depan saya akan menjawab pertanyaan seputar kesehatan tulang. Silakan bertanya!

===

Ingin bertanya? Tuliskan pertanyaan Anda di kotak paling bawah halaman forum. Jangan lupa cantumkan nama dan alamat email untuk dapatkan notifikasi saat dokter menjawab pertanyaan Anda.

15 Balasan
Sami Mawijan menulis 9 bulan lalu
Dok, setiap hari rasanya pundak saya berat dan lengan gak bisa diangkat. Kaloo dipaksa, sakitnya ke leher. Penyakit apa ini dok?
dr. Chang Kok Chun
dibalas 9 bulan lalu

Hai. Anda mengalami sakit pundak. Walaupun sakitnya terasa sampai leher, asal masalahnya kemungkinan berada di sendi bahu itu sendiri, mengingat sakitnya makin parah dengan gerakan bahu (bukan masalah tulang belakang leher). Sendi bahu merupakan titik umum untuk masalah degenerasi, mulai dari terjepit hingga robek rotator cuff.

Penyakit yang masih tahap awal bisa ditangani dengan suntikan bahu subakromial sederhana. Penyakit yang lebih parah membutuhkan pemeriksaan MRI dan mungkin operasi. Kebanyakan operasi bahu saat ini bisa dilakukan melalui lubang kunci.

Penting untuk tetap menggerakkan pundak Anda terlepas dari rasa sakitnya, kalau tidak bisa terjadi komplikasi atau bahu beku. Fisioterapi bisa bermanfaat.

Teniawinarsih menulis 9 bulan lalu

Dok, bgmn mengatasi keram yg bisa dateng tiba2 ke punggung bawah? Kadang kalau saya lagi berdiri atau duduk, tau2 keram sampai haru berbaring

dr. Chang Kok Chun
dibalas 9 bulan lalu

Jika ini terjadi sesekali, kecil kemungkinan penyakit ini parah.
Anda bisa olahraga rutin untuk meningkatkan fleksibilitas sendi.
Jika serangannya sering dan tak mau hilang, temui dokter tulang untuk memeriksakan tulang belakang Anda.

Narsiti K menulis 9 bulan lalu
Dok belakang lutut saya sering sakit kalu lama diri. Ada yg bilang karena kbanyakan ditekuk. Bgmn mengobatinya dok
dr. Chang Kok Chun
dibalas 9 bulan lalu

Sakit di belakang lutut. Pada orang berusia muda dengan riwayat cedera olahraga, ini mungkin gejala cedera meniskus, yang merupakan struktur pendukung di dalam lutut. MRI scan akan mengonfirmasi diagnosa ini, dan penanganannya melalui operasi artroskopik.

Pada orang usia lanjut yang tidak punya riwayat cedera, ini mungkin tanda awal osteoartritis degeneratif lutut. Anda perlu X-ray untuk memeriksa kondisi. Jika sakitnya tidak parah, Anda bisa minum obat pereda nyeri untuk jangka pendek, misalnya seminggu. Perbaikan jangka panjang bisa dicapai dengan minum suplemen glucosamine atau suntikan pelumas ke dalam sendi lutut (Hyaluronic acid). Pada kasus yang tak mau hilang, debridement artroskopik dan perbaikan tulang rawan bisa dilakukan. Jika ada pembengkakan di belakang lutut (dibanding sisi lainnya), Anda bisa jadi mengalami Baker’s cyst, tonjolan kantung berisi cairan dari lutut. Diagnosa bisa dikonfirmasi lewat USG atau MRI. Operasi pengangkatan atau dekompresi artroskopik bisa dilakukan.

Krisna menulis 9 bulan lalu
Saya mau tnya soal sakit di tulang belakang dok,rasanya kayak ada tusukan,dan terjadi kalau sya duduk lama.Umur sya 35 dan setiap hari nyetir mobil & duduk depan komputer berjam-jam.apa kondisi begini biasa di usia sya?bgmn mengatasi dan mohon tips pola hidup supaya fisik sya bisa bagus smpai berthaun2
dr. Chang Kok Chun
dibalas 9 bulan lalu

Selamat siang.

Anda masih muda, dan memiliki masalah umum tentang pekerja kantor yaitu duduk tidak toleran.
Penyebab paling umum dari kondisi ini adalah degenerasi diskus lumbal dengan atau tanpa robekan annular (keausan disc antara 2 segmen tulang belakang).
Sumsum tulang belakang dan saraf tulang belakang Anda tidak terpengaruh karena Anda tidak memiliki gejala kaki.

Diagnosis dapat dipastikan dengan pemindaian MRI tulang belakang lumbar, yang pada gambar T2, disk yang terkena menjadi warna hitam dibandingkan dengan warna putih pada disk normal.

Yang bisa Anda lakukan adalah – jangan duduk terlalu lama yakni kurang dari 1 jam, duduk dengan postur yang baik, lebih baik menggunakan kursi kantor yang ergonomis, lakukan olahraga punggung secara teratur.

Jika rasa sakitnya tidak kunjung membaik, atau sering kambuh, maka prosedur invasif minimal menggunakan jarum frekuensi Radio untuk mengobati cakram yang menyakitkan adalah sebuah pilihan (percutaneous RF annuloplasty).

Eka Sila menulis 9 bulan lalu

slmt sore dok…umur sy 58thn.sy mau tanya soal nyeri sendi dibgn lutut…hasil x ray pd lutut kanan ada tumbuh tonjolan diantara tulang lutut,sukar untuk ditekuk atau diluruskan,juga sulit berjalan,dan tdk bisa berdiri lama rasanya otot kaki seperti ditarik dan nyeri sekali…sdh minum berbagai macam obat…ini bbrp obat2 dr dokter y sy konsumsi :methylperdnisolone,

diclofenac sodium,

paracetamol,Alpentin 100mg,hi bone,GCM.sdh hampir 2 bulan lebih sy konsumsi obat2 diatas tdk membaik…

malah sekarang nyeri menyerang dilutut kaki kiri. bagaimana solusinya tanpa operasi.terima kasih.

dr. Chang Kok Chun
dibalas 9 bulan lalu

Selamat pagi. Gejala Anda konsisten dengan osteoartritis parah di kaki. Jika hasil X-ray mengonfirmasi ini, solusi terbaik mungkin adalah operasi, seperti penggantian lutut total, terutama jika Anda butuh minum pereda nyeri terus-terusan untuk meredakan sakitnya. Methyprednisolone adalah obat steroid, cepat meredakan nyeri tapi cepat juga kambuh kembali. Obat ini juga punya banyak efek samping, dan sebaiknya dihindari. Pada osteoartritis parah, suplemen minum seperti glucosamine dan suntikan hyaluronic acid ( lubricant ) di lutut mungkin tidak akan berguna.

Ellis menulis 9 bulan lalu

Lutut saya dua duanya mengalami pengapuran..bagaimana solusinya

dr. Chang Kok Chun
dibalas 9 bulan lalu

Hai selamat pagi. Saya tidak yakin apa yang Anda maksud dengan ‘pengapuran’ lutut? Osteofit (spur), tubuh longgar, pseudogout dengan kalsifikasi meniskus atau asam urat pada permukaan sendi yang diamati selama artroskopi? Osteofit adalah osteoartritis pada tulang. Anda bisa minum obat pereda nyeri untuk sementara, suplemen minum seperti glucosamine, suntikan lutut Hyaluronic acid ( lubricant ) atau pada kasus yang parah operasi penggantian lutut. Tubuh longgar membutuhkan operasi artroskopik untuk menghilangkan potongan tulang mengambang bebas di sendi lutut. Serangan pseudogout dapat diobati dengan injeksi lutut dengan steroid. Artritis gout memerlukan pengobatan jangka panjang untuk kontrol diet (diet purin rendah) dan obat penurun asam urat oral (allopurinol).

Yulista menulis 9 bulan lalu

Dok, seblomnya terima kasih sdh merespon pertanyaan sy. sy punya riwayat scoliosis & HNP di L 4 & 5. sdh lbh dr 5 thn. Udh cek bbrp dr tulang, ada yg menyarankan operasi & ada yg bilng blom parah. setahun terkhir ini keluhan sy tmbh intens, trkhir ke dr tulang sekitr stngh thn lalu, sy diberi suntikan di panggul & bbrp bln sy bebas dr rasa sakit. keluhan sy klo jongkok dengkul ki-ka sakit, & hanya dlm hitungan mnt, tulng blkg seperti mau patah sakit sekali, begitupun klo abis tekuk lutut & lutut lurus bbrp mnt, jdi kaku & sakit utk digerakkan. mnrt dktr yg suntik, keluhan sy bukan ditulang tp sendi. jari2 tngn jg suka kebas & kaku. sy jg ga tahan duduk ataupun berdiri lama. blkg pinggang udh sakit sampe ketarik ke dengkul. sy ada keluhan asam urat. mnrt dktr itu jg bisa jdi oenyebab. sy sekrg bingung, sy hrs fokus kmn? tulang, sendi, asam urat? Thank you.

dr. Chang Kok Chun
dibalas 9 bulan lalu

Kedengarannya Anda mengalami penyakit diskus degeneratif tulang lumbal L4/5. Kondisi Anda bisa diperbaiki dengan memperbaiki postur (duduk dalam posisi ergonomis, berdiri & angkat berat) dan olahraga rutin tulang belakang. Jika sakitnya tidak kunjung membaik atau mengalami serangan yang cukup sering, maka Anda mungkin perlu mendapat penanganan intervensi, misalnya suntikan di pelvis (Saya menduga itu beberapa suntikan epidural atau perawatan radiofrekuensi). Jika perbaikan tidak berlangsung lama, usaha terakhir adalah operasi, misalnya spinal fusion. Anda mesti lakukan pemeriksaan MRI lagi untuk melihat perubahan seiring waktu.

Bagus Nurdin menulis 9 bulan lalu

Siang dok. Kenapa belakangan ini sikut saya nyeri tanpa sebab, seperti ngilu dan akhirnya tangan sampai susah digerakkan. Mohon masukannya dok

dr. Chang Kok Chun
dibalas 9 bulan lalu

Halo. Anda mungkin mengalami “Tennis Elbow”, yang merupakan masalah tendinitis umum (peradangan di otot lengan bawah yang menempel ke siku).
Solusi sederhananya adalah dengan suntikan steroid ke area yang sakit.
Pada kasus yang tak kunjung membaik, operasi minor dilakukan untuk membersihkan jaringan yang abnormal/mengalami degenerasi

Husein menulis 9 bulan lalu
Dok, saya sakit di pundak belakang. Tahun lalu pernah kebentur. Tapi waktu itu gak sakit atau bengkak. Apa mungkin ada hubungannya ya dok?
dr. Chang Kok Chun
dibalas 9 bulan lalu

Selamat pagi. Mungkin tidak ada hubungannya dengan benturan yang Anda pernah alami karena saat itu Anda tidak merasakan sakit.

Sakit di bahu seringkali ada hubungannya dengan penyakit tulang belakang leher level C5/6 atau C6/7 (leher). Ini terutama terjadi jika Anda menghabiskan waktu lama di depan komputer. Biasanya sakitnya tidak dipicu oleh pergerakan bahu.

Namun, penyebab rasa sakitnya harus dikonfirmasi. Saya sarankan temui dokter bedah tulang untuk diagnosa. Jika sakitnya berhubungan dengan tulang belakang leher, dan Anda menghabiskan waktu lama di depan komputer, sakitnya akan mereda jika Anda mengurangi waktu di depan komputer.

Terima kasih

Soeparmi menulis 9 bulan lalu

selamat malam dok

usia sy 61 thn lutut kiri sy sdh 1 bln lebih nyeri dan agak bengkak sy minum voltaren nyeri berkurang tp stlh tdk minum terasa nyeri lagi apalagi klo sy bawa beban berat berdiri terlalu lama terasa sakit

kirakenapa dng lutut sy dan obat apa yg cocok untuk keluhan ini

tks dok

dr. Chang Kok Chun
dibalas 9 bulan lalu

Selamat pagi. Anda mungkin mengalami osteoartritis lutut, yang disebabkan ausnya dan robeknya sendi lutut akibat usia menua.

Jika sakit dan bengkaknya tidak mau hilang setelah sebulan, Anda harus temui dokter bedah tulang untuk memeriksa keparahan artritis Anda (biasanya lewat X-ray), dan menentukan penanganan yang tepat.

Pereda nyeri seperti Voltaren efektif untuk meredakan sakit tapi tidak baik untuk jangka panjang karena ada efek samping seperti kerusakan ginjal dan gastritis.

Suplemen minum untuk kesehatan sendi seperti Glucosamine adalah obat yang bekerja dengan perlahan, Anda butuh setidaknya 2 bulan untuk merasakan efeknya. Tapi jika sakitnya masih ada setelah dua bulan, maka mungkin suplemen oral tidak cocok untuk Anda karena artritisnya sudah terlalu parah.

Opsi lain adalah injeksi lutut dengan Hyaluronic acid dengan atau tanpa PRP blood product. Jika cara-cara di atas tidak ada yang berhasil pada Anda, operasi penggantian sendi diperlukan. Operasi ini cocok untuk usia Anda, karena Anda masih cukup kuat untuk melakukan operasi seperti ini dan mendapat manfaat maksimal karena Anda masih aktif.

Balasan Anda






Sebarkan info ini:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?