Tanya Dokter Tulang: dr. Lai Choon Hin dari Mount Elizabeth Novena Hospital Singapura

Forum Tanya Jawab KesehatanKategori: TulangTanya Dokter Tulang: dr. Lai Choon Hin dari Mount Elizabeth Novena Hospital Singapura
dr. Lai Choon Hin menulis 10 bulan lalu
Saya dr. Lai Choon Hin, dokter bedah tulang yang praktik di Mount Elizabeth Novena Hospital.

Saya berpengalaman lebih dari 30 tahun dalam menangani operasi pinggul, lutut, leher, punggung, bahu, siku, kaki, pergelangan kaki, ligamen, dan patah tulang.

Saya juga berpengalaman dalam penggantian sendi pinggul dan lutut pada pasien dengan masalah osteoartritis, rheumatoid artritis, SLE, ankylosing spondylitis dan avascular necrosis, serta operasi lanjutan penggantian sendi yang gagal, kendur, aus, atau rusak.

Saya terlatih untuk melakukan bedah pinggul, lutut, bahu, siku, pergelangan kaki, dan tumor dan pernah bekerja 2 tahun di Mayo Clinic, Amerika Serikat.

Di Mayo Clinic, saya mempelajari dan menggunakan pendekatan anterolateral untuk penggantian pinggul, dengan risiko dislokasi pinggul sebesar 0% dibandingkan pendekatan posterior yang biasa digunakan di Singapura. Saya bisa melakukan operasi lubang kunci, operasi dipandu komputer, operasi robotik untuk bedah pinggul dan lutut.

Saya merupakan mantan direktur dan konsultan senior Adult Reconstruction Service, Department of Orthopaedic Surgery, di Tan Tock Seng Hospital, menangani bedah penggantian dan rekonstruksi untuk artritis, cedera olahraga, dan patah tulang pinggul, lutut, bahu, siku, kaki, dan pergelangan kaki selama lebih dari 20 tahun.

Saya juga menjabat sebagai Ketua Singapore Orthopaedic Association pada tahun 2007 dan mendirikan ASEAN Arthroplasty Association (AAA) untuk mengajar para dokter bedah di negara-negara ASEAN.

Riset saya sudah diterbitkan di Current Orthopedics and Clinical Research, Journal of Trauma and The Knee, dan dipresentasikan di American Academy of Orthopedic Association (AAOS), Mayo Clinic Hip and Knee Arthroplasty Courses, Mayo Clinic Alumni Meetings, International Society for Arthroscopy, Knee Surgery and Orthopaedic Sports Medicine (ISAKOS), Asia-Pacific Arhtroplasty Society (APAS), Asia Pacific Orthopaedic Society (APOS) dan konferensi internasional in Cina, India, Korea, Jepang, Taiwan dan negara-negara ASEAN.

Untuk informasi lebih jauh tentang Mount Elizabeth Novena Hospital, klik tautan berikut: https://www.smarterhealth.id/rumah-sakit/mount-elizabeth-novena-hospital-singapura/

Untuk membaca profil saya, klik tautan berikut: https://www.smarterhealth.id/dokter-spesialis/lai-choon-hin/

Senang bisa ada di sini. Saya akan menjawab pertanyaan seputar masalah tulang dan sendi. Silakan bertanya!

===

Ingin bertanya? Tuliskan pertanyaan Anda di kotak paling bawah halaman ini. Jangan lupa cantumkan nama dan alamat email untuk dapatkan notifikasi saat dokter menjawab pertanyaan Anda.

23 Balasan
Indarwati Rahman menulis 10 bulan lalu

Kalau sakit lutut bagian belakan apasih obatx mohon penjelasanx

dr. Lai Choon Hin
dibalas 10 bulan lalu

Hai Indarwati Rahman. Kami perlu memeriksa lutut Anda dan melakukan X-ray untuk melihat apakah ada artritis atau patah tulang. Jika ada artritis, saya sarankan Anda lakukan fisioterapi dan minum celebrex 200mg sekali sehari. Jika ada patah tulang, Anda perlu dioperasi.

Nuri nuraini menulis 10 bulan lalu

selamat pagi dok, saya sering sakit tulang punggung sama tulang bokong (yg pas di atas pantat) kenapa ya dok ? trimaksih 🙂

dr. Lai Choon Hin
dibalas 10 bulan lalu

Hai Nuri nuraini. Berdasarkan penggambaran Anda, kelihatannya masalah degenerasi disk intervertebral atau sendi sakroiliaka.

Maulana menulis 10 bulan lalu
Dokter mau tanya. Umur saya 35 tapi punggung rasanya udah cepet banget pegel dan sakit. Saya punya kebiasaan kalau pegel minta ditekan punggungnya sama anak saya sampai bunyi. Apa ini bikin tulang keropos lebih cepat? Kalau boleh, saya minta tips dok biar tulang kuat terus.
dr. Lai Choon Hin
dibalas 10 bulan lalu

Hai Maulana. Berdasarkan penggambaran Anda, kedengarannya ada masalah degenerasi tulang belakang. Saya sarankan Anda fisioterapi, olahraga punggung atau latihan otot inti dan minum kalsium serta vitamin D.

JHONS menulis 10 bulan lalu

selamat Siang Dok…

Saya Jhon umur 40th, belakangan saya di sekitar lengan / pundak kanan 1 minggu sekali bisa sakit dalam seharian, sakitny pelan2 bisa sampai ke leher kanan lalu kepala terasa sakit dan tdk bs berputar, penyebabnya apa ya… dan bagaimana solusi menghilangkan rasa sakit tersebut.

mohon petunjuk pengobatannya.

thanks

dr. Lai Choon Hin
dibalas 10 bulan lalu

Hai Jhon. Dari penggambaran Anda, kelihatannya Anda punya masalah leher seperti spondilosis servikal. Anda perlu lakukan X-ray leher dan bahu Anda untuk memastikan masalahnya. Jika benar spondilosis servikal, Anda bisa konsumsi:
– celebrex 200mg setiap hari
– neurobion 1 3x sehari
– lyrica 50mg saat malam

MARSELLINA menulis 10 bulan lalu

Selamat mlm dokter..

Saya keluhan sakit belikat kanan sampai kepaladan tengkuk kanan.

Ini obatnya apa?dan sakit apa

dr. Lai Choon Hin
dibalas 10 bulan lalu

Hai MARSELLINA. Dari penjelasan Anda, kedengarannya rasa sakit tersebut berasal dari spondilosis servikal leher. Anda dapat minum celebrex 200mg setiap hari, lyrica 50mg 2x sehari, dan neurobion 1 tab 3x sehari.

Ibu Zaenah menulis 10 bulan lalu

Halo dok lutut sebelah kanan saya sll sakit kadang2 gk sakit

dr. Lai Choon Hin
dibalas 10 bulan lalu

Hai Ibu Zaenah, boleh saya tahu berapa usia Anda, dan apakah Anda pernah mengalami cedera? Pertimbangkan untuk pemeriksaan X-ray agar bisa diketahui penyebab di lutut kanan Anda. Jika hasil X-ray menunjukkan tidak ada patah tulang atau cedera, Anda bisa pertimbangkan untuk minum celebrex 200mg setiap hari.

Kumala menulis 10 bulan lalu

Umur saya masoh 33 dok, tapi kalau kelamaan duduk tulang ekor sakit. Ada penyakit atau gak ya? Perlukah saya periksa?

dr. Lai Choon Hin
dibalas 10 bulan lalu

Hai Kumala, apakah Anda pernah jatuh sebelumnya? Saya sarankan Anda lakukan pemeriksaan X-ray pada sakrum dan tulang sulbi untuk memastikan tidak ada patah atau tumor di tulang ekor Anda.

Zusye Gumalang menulis 10 bulan lalu

Kalau suamiku mengenai,kakinya klau berdiri, di ats 25 mnit ,kakinya langung kram ,kadang dari pantat turun lebawa kedua kakinya, sdh 1 thn lbih dok!

dr. Lai Choon Hin
dibalas 10 bulan lalu

Hai Zusye, boleh saya tahu berapa umur suami Anda, dan apakah dia punya diabetes? Saya sarankan Anda periksakan dia ke dokter untuk mencari tahu apakah dia punya penyakit pembuluh darah atau penyakit tulang belakang. Jika tidak punya, dia bisa coba minum vitamin B kompleks.

Risma Idayanti menulis 10 bulan lalu

Dok, kakak saya habis kecelakaan lehernya jadi kaku tdk bs nengok, saya mau bawa ke tukang urut tapi ngeri. kalau ke dokter tulang apakah akan dioperasi atau bisa pakai cara lain dok?

dr. Lai Choon Hin
dibalas 10 bulan lalu

Hai Risma. Kakak Anda perlu pemeriksaan X-ray sebelum mendapat penanganan apa pun – dokter akan memutuskan penanganan yang tepat setelah mereview hasil X-ray tersebut.

Yoshua menulis 10 bulan lalu
Dok, sudah 1 minggu ini saya mengalami sakit di tulang pantat dan pangkal paha. Saya belum pernah jatuh sebelumnya. Tapi saya mulai merasakan sakit ini setelah saya mulai sering duduk lama untuk bekerja. Dulu saya petugas lapangan yang lebih banyak bergerak. Apa tulang saya keropos karena kebanyakan duduk dok? Bagaimana tips supaya tulang saya kuat di tengah kerjaan yang mengharuskan duduk lama? Terima kasih
dr. Lai Choon Hin
dibalas 10 bulan lalu

Dear Yoshua. Saya rasa Anda tidak mengalami osteoporosis. Anda bisa konsumsi kalsium dan vitamin D dan olahraga lebih sering. Cobalah perbanyak jalan kaki dan jangan duduk terlalu lama.

Balasan Anda






Sebarkan info ini:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?