Alat Bantu Ventrikel

alat bantu ventrikel

Daftar Isi

Alat bantu ventrikel mendukung fungsi ventrikel kiri, kanan, atau keduanya. Ventrikel adalah ruang bawah jantung Anda. Alat bantu ventrikel atau ventricular assist device (VAD) mencakup tabung untuk membawa darah keluar dari jantung dan ke pembuluh darah Anda, sumber daya, dan unit kontrol untuk memantau fungsi perangkat. Alat ini dapat digunakan untuk mendukung jantung Anda sampai pulih, untuk mendukung jantung Anda ketika Anda sedang menunggu transplantasi jantung, atau untuk membantu jantung Anda bekerja lebih baik jika Anda tidak memenuhi syarat untuk transplantasi jantung.

Pembedahan diperlukan untuk menghubungkan VAD ke jantung Anda. Operasi akan dilakukan di rumah sakit. Anda akan mendapat anestesi umum dan tidak akan terjaga atau merasa sakit selama operasi. Anda akan mendapat obat anti pembekuan darah melalui saluran intravena (IV) di lengan Anda. Tabung pernapasan yang terhubung ke ventilator akan membantu Anda bernapas. Dokter bedah akan membuka dada Anda dan menghubungkan arteri dan vena jantung Anda ke mesin bypass jantung-paru. Ia akan memasang pompa di bagian atas dinding perut Anda dan menghubungkan pompa ke jantung Anda dengan tabung. Tabung lain akan menghubungkan pompa ke salah satu arteri utama Anda. VAD akan terhubung ke unit kontrol dan sumber daya di luar tubuh Anda. Ketika mesin jantung-paru dimatikan, VAD akan mendukung aliran darah dan mengambil alih fungsi memompa jantung Anda.

Setelah operasi Anda, Anda akan sembuh di ruang perawatan intensif (ICU) dan dapat tinggal di rumah sakit selama dua hingga delapan minggu. Staf rumah sakit akan membantu Anda meningkatkan aktivitas Anda secara bertahap untuk mendapatkan kekuatan. Anda dapat memulai program rehabilitasi jantung. Tim medis akan memperhatikan tanda-tanda infeksi. Untuk mencegah infeksi, penting untuk mempraktikkan kebersihan yang baik, mendapatkan vaksin rutin, dan membersihkan dan merawat perangkat Anda dengan baik dan lubang di perut Anda. Anda akan diberi instruksi tentang apa yang harus dilakukan jika perangkat memberi peringatan tidak berfungsi dengan benar. Jika Anda ada dalam daftar tunggu untuk transplantasi jantung, Anda akan tetap berhubungan dekat dengan pusat transplantasi.

Menjalani VAD melibatkan risiko serius seperti pembekuan darah dan perdarahan dari pembedahan atau disebabkan oleh obat-obatan antipembekuan darah. Risiko lainnya termasuk infeksi, kerusakan perangkat, dan gagal jantung sisi kanan jika VAD kiri digunakan. Karena darah cenderung menggumpal lebih banyak ketika kontak dengan VAD, Anda mungkin perlu mengonsumsi obat-obatan anti pembekuan selama Anda memakai alat tersebut. Penting untuk meminum obat Anda persis seperti yang diresepkan dokter untuk mencegah pembekuan darah.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Apa Itu Alat Bantu Ventrikel?

Apa Itu Alat Bantu Ventrikel? Sumber: National Heart, Lung and Blood Institute / NIH

Alat bantu ventrikel atau ventricular assist device (VAD) adalah pompa mekanik yang digunakan untuk mendukung fungsi jantung dan aliran darah pada orang yang memiliki jantung yang lemah.

Alat ini mengambil darah dari ruang bawah jantung dan membantu memompanya ke tubuh dan organ-organ vital, seperti jantung yang sehat.

Ringkasan

Anda mungkin mendapat manfaat dari VAD jika salah satu atau kedua ventrikel Anda tidak berfungsi dengan baik karena penyakit jantung. Ventrikel adalah ruang bawah jantung Anda.

VAD dapat membantu mendukung jantung Anda:

  • Selama atau setelah operasi, sampai jantung Anda pulih.
  • Saat Anda menunggu transplantasi jantung.

Jika Anda tidak memenuhi syarat untuk transplantasi jantung. (VAD bisa menjadi solusi jangka panjang untuk membantu jantung Anda bekerja lebih baik.)

VAD memiliki beberapa bagian dasar. Sebuah tabung kecil membawa darah keluar dari jantung Anda ke dalam pompa. Tabung lain membawa darah dari pompa ke pembuluh darah Anda, yang mengantarkan darah ke tubuh Anda.

VAD juga memiliki sumber daya yang terhubung ke unit kontrol. Unit ini memonitor fungsi VAD. Unit ini memberi peringatan, atau alarm, jika daya rendah atau perangkat tidak berfungsi dengan baik.

Beberapa VAD memompa darah seperti yang dilakukan jantung, dengan aksi memompa. VAD lainnya menjaga aliran darah terus menerus. Dengan aliran VAD yang terus menerus, Anda mungkin tidak memiliki denyut normal, tetapi tubuh Anda mendapatkan darah yang dibutuhkannya.

Penelitian menunjukkan bahwa, dibandingkan dengan VAD lainnya, aliran VAD yang terus-menerus dapat menurunkan rawat inap dan komplikasi serta meningkatkan kelangsungan hidup. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan.

Jenis-jenis Alat Bantu Ventrikel

Dua jenis dasar VAD adalah alat bantu ventrikel kiri (LVAD) dan alat bantu ventrikel kanan (RVAD). Jika digunakan pada saat yang sama, maka kedua jenis tersebut disebut alat bantu biventrikel (BIVAD).

LVAD adalah tipe VAD yang paling umum. Ini membantu ventrikel kiri memompa darah ke aorta. Aorta adalah arteri utama yang membawa darah yang kaya oksigen dari jantung ke tubuh Anda.

RVAD biasanya hanya digunakan untuk dukungan jangka pendek ventrikel kanan setelah operasi LVAD atau operasi jantung lainnya. RVAD membantu ventrikel kanan memompa darah ke arteri pulmonalis. Ini adalah arteri yang membawa darah dari jantung ke paru-paru untuk mengambil oksigen.

BIVAD mungkin digunakan jika kedua ventrikel tidak berfungsi cukup baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Pilihan pengobatan lain untuk kondisi ini adalah jantung buatan total atau total artificial heart (TAH). TAH adalah alat yang menggantikan ventrikel.

VAD memiliki dua desain dasar. VAD transkutan memiliki pompa dan sumber listrik yang terletak di luar tubuh. Selang menghubungkan pompa ke jantung melalui lubang-lubang kecil di perut. Jenis VAD ini dapat digunakan untuk dukungan jangka pendek selama atau setelah operasi.

VAD implan memiliki pompa yang terletak di dalam tubuh dan sumber listriknya terletak di luar tubuh. Kabel menghubungkan pompa ke sumber listrik melalui lubang kecil di perut.

VAD implant digunakan terutama untuk orang yang menunggu transplantasi jantung atau sebagai solusi jangka panjang untuk orang yang tidak dapat melakukan transplantasi jantung.

Desain dan jenis VAD yang direkomendasikan dokter tergantung pada kesehatan Anda secara keseluruhan, berapa lama Anda akan membutuhkan alat tersebut, dan faktor lainnya.

Harapan

Sampai saat ini, VAD terlalu besar untuk muat di dada kebanyakan orang, terutama wanita dan anak-anak. Hanya orang yang memiliki dada besar yang bisa mendapatkannya.

Namun, kemajuan terbaru telah menghasilkan perangkat yang lebih kecil dan lebih andal. Ini sekarang menjadikan pengobatan dengan VAD pilihan bagi lebih banyak orang.

Para peneliti juga telah membuat kemajuan dalam seberapa baik kerja VAD dan seberapa banyak alat ini meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Di masa lalu, sebagian besar VAD digunakan untuk orang-orang yang mengalami gagal jantung tahap akhir. Sekarang VAD juga dapat membantu orang yang memiliki tahap awal gagal jantung.

Anak-anak yang mengalami gagal jantung juga dapat diobati dengan VAD. VAD yang disetujui untuk digunakan pada orang dewasa kadang-kadang digunakan pada anak-anak jika anak-anak tersebut cukup besar untuk alat ini. Juga, Food and Drug Administration baru-baru ini menyetujui VAD yang dirancang untuk anak-anak yang lebih kecil.

Siapa yang Memerlukan Alat Bantu Ventrikel?

Siapa yang Memerlukan Alat Bantu Ventrikel? Sumber: Madhero88

Anda mungkin mendapat manfaat dari alat bantu ventrikel (VAD) jika jantung Anda tidak berfungsi dengan baik karena penyakit jantung. Penyakit jantung dapat menghambat jantung memompa cukup banyak darah ke tubuh Anda.

VAD dapat membantu mendukung jantung Anda:

  • Selama atau setelah operasi, sampai jantung Anda pulih.
  • Saat Anda menunggu transplantasi jantung.
  • Jika Anda tidak memenuhi syarat untuk transplantasi jantung. (VAD bisa menjadi solusi jangka panjang untuk membantu jantung Anda bekerja lebih baik.)

Alat Bantu Ventrikel Jangka Pendek

VAD dapat menopang fungsi jantung dan aliran darah untuk waktu yang singkat sebelum, selama, dan/atau setelah operasi jantung sampai jantung pulih. Dokter dapat merekomendasikan VAD jangka pendek jika Anda mengidap kondisi jantung yang parah, seperti gagal jantung, aritmia ventrikel, atau syok kardiogenik

Anda juga mungkin menggunakan VAD jika Anda mengalami gagal jantung dan dokter memerlukan lebih banyak waktu untuk merencanakan perawatan Anda.

Alat Bantu Ventrikel Jangka Panjang

Jika Anda mengalami gagal jantung dan sedang menunggu transplantasi jantung, dokter mungkin merekomendasikan VAD. Jika obat gagal jantung tidak bekerja dengan baik, VAD dapat membuat Anda tetap hidup dan meningkatkan kualitas hidup Anda sambil menunggu jantung donor.

Jika Anda tidak memenuhi syarat untuk transplantasi jantung, VAD mungkin menjadi pilihan pengobatan jangka panjang. Ini dapat meningkatkan kualitas hidup Anda dan memungkinkan Anda melakukan banyak kegiatan sehari-hari.

Kapan Alat Bantu Ventrikel Tidak Direkomendasikan?

VAD mungkin bukan pilihan pengobatan untuk orang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu yang serius. Contoh dari kondisi ini termasuk gagal ginjal yang parah, cedera otak yang serius, infeksi berat, dan kondisi yang mengancam jiwa lainnya.

Apa Saja Risiko Alat Bantu Ventrikel?

Apa Saja Risiko Alat Bantu Ventrikel? Sumber: Steven M. Gordon

Apa Saja Risiko Alat Bantu Ventrikel?

Menggunakan alat bantu ventrikel (VAD) melibatkan beberapa risiko serius. Risiko-risiko ini termasuk:

  • Pembekuan darah
  • Perdarahan
  • Infeksi
  • Malafungsi alat
  • Gagal jantung kanan (kemungkinan risiko LVAD)

Berkat model VAD yang lebih baru, beberapa risiko yang paling serius telah berkurang.

Seperti halnya operasi yang melibatkan jantung, komplikasi terkadang bisa berakibat fatal. Namun, tingkat ketahanan hidup untuk operasi VAD telah meningkat selama bertahun-tahun.

Bekuan Darah

Ketika bersentuhan dengan sesuatu yang bukan bagian alami dari tubuh Anda, seperti VAD, darah cenderung membeku lebih dari biasanya. Pembekuan darah dapat mengganggu aliran darah dan menyumbat pembuluh darah menuju organ penting di tubuh, seperti otak.

Bekuan darah dapat menyebabkan komplikasi serius atau bahkan kematian. Dengan demikian, Anda mungkin perlu mengonsumsi obat-obatan anti pembekuan darah selama Anda memakai VAD.

Perdarahan

Operasi untuk menanamkan VAD kompleks, dan perdarahan dapat terjadi selama dan setelah operasi. Obat-obatan anti pembekuan darah juga meningkatkan risiko pendarahan.

Menyeimbangkan obat anti pembekuan darah dengan risiko perdarahan mungkin sulit. Pastikan untuk meminum obat Anda persis seperti yang diresepkan dokter.

Infeksi

Dengan VAD implan, pompa di dalam tubuh Anda terhubung dengan sumber listrik di luar tubuh Anda. Dengan VAD transkutan, pompa di luar tubuh Anda terhubung pada jantung Anda.

Untuk kedua jenis VAD, bagian-bagian di dalam tubuh Anda terhubung dengan bagian-bagian di luar tubuh Anda melalui lubang atau lubang-lubang di kulit. Lubang di kulit meningkatkan risiko bakteri masuk dan menyebabkan infeksi.

Dengan selang permanen yang menembus kulit Anda, risiko infeksi serius. Tim medis harus mengawasi Anda dengan seksama jika Anda memiliki tanda-tanda infeksi, seperti rasa sakit di atas tempat VAD, drainase cairan, atau demam.

Malafungsi Alat

VAD bisa rusak (tidak berfungsi dengan benar) dengan cara yang berbeda:

  • Aksi pemompaan VAD mungkin tidak tepat
  • Listrik VAD mungkin mati
  • Bagian-bagiannya mungkin berhenti bekerja dengan benar

VAD dengan aliran terus-menerus yang lebih baru dapat mengurangi risiko malafungsi perangkat.

Gagal Jantung Kanan

Gagal jantung kanan berarti ventrikel kanan jantung terlalu lemah untuk memompa cukup darah ke paru-paru. Kondisi ini dapat terjadi sebagai akibat mendapatkan LVAD, yang hanya mendukung ventrikel kiri.

LVAD memompa lebih banyak darah daripada ventrikel kiri yang lemah. Ini memberi lebih banyak tekanan pada ventrikel kanan untuk memompa jumlah darah yang sama. Ventrikel kanan mungkin terlalu lemah untuk menyamai kemampuan memompa LVAD.

Dengan demikian, Anda mungkin memerlukan dukungan ekstra untuk ventrikel kanan. Biasanya, Anda hanya memerlukan dukungan ini sampai ventrikel kanan Anda pulih atau sampai Anda mendapatkan transplantasi jantung (jika Anda seorang kandidat).

Obat-obatan dapat meningkatkan fungsi sisi kanan jantung Anda. Namun, beberapa orang memerlukan alat bantu ventrikel kanan (RVAD) untuk dukungan jangka pendek ventrikel kanan.

Apa yang Diharapkan Sebelum Operasi Alat Bantu Ventrikel

Teknologi Bantu. Sumber: Madhero88

Sebelum Anda mendapatkan alat bantu ventrikel (VAD), Anda akan menghabiskan beberapa waktu di rumah sakit untuk mempersiapkan operasi. Anda mungkin sudah berada di rumah sakit mendapatkan perawatan untuk gagal jantung.

Selama waktu ini, Anda akan belajar tentang VAD dan bagaimana hidup bersama alat ini. Anda dan perawat akan menghabiskan waktu bersama ahli bedah, ahli jantung (spesialis jantung), dan perawat untuk memastikan Anda memiliki semua informasi yang Anda butuhkan tentang VAD.

Sebelum dan sesudah operasi, Anda dan pengurus Anda akan belajar:

  • Bagaimana cara kerja VAD.
  • Cara aman menangani VAD.
  • Bagaimana menafsirkan dan menanggapi alarm. (Perangkat memberi peringatan, atau alarm, jika daya listrik hampir habis atau jika tidak berfungsi dengan baik.)
  • Cara memberikan perawatan dalam keadaan darurat, seperti hilangnya daya listrik.
  • Bagaimana Anda harus membasuh dan mandi.
  • Bagaimana VAD dapat mempengaruhi perjalanan.

Anda dapat meminta untuk melihat seperti apa alat itu dan bagaimana alat itu akan terpasang di dalam tubuh Anda. Anda juga dapat bertemu dengan seseorang yang sudah memiliki VAD. Orang ini dapat menjawab pertanyaan tentang bagaimana rasanya memakai VAD dan bagaimana hidup dengan alat itu.

Dokter akan memastikan bahwa tubuh Anda cukup kuat untuk operasi. Jika dokter berpikir tubuh Anda terlalu lemah, Anda mungkin perlu mendapatkan nutrisi tambahan melalui selang makanan sebelum operasi.

Anda juga mungkin menjalani tes untuk memastikan Anda siap untuk operasi. Tes-tes ini termasuk:

  • Tes darah. Tes darah dapat memeriksa seberapa baik kerja jantung dan ginjal Anda. Tes darah juga dapat memeriksa kadar sel darah dan bahan kimia penting dalam darah Anda.
  • Sinar x dada. Tes ini menciptakan gambar struktur di dalam dada Anda, seperti jantung dan paru-paru. Sinar X dada dapat membantu dokter mempersiapkan operasi.
  • EKG (elektrokardiogram). Tes ini dapat memeriksa seberapa baik jantung Anda bekerja sebelum operasi VAD. EKG mencatat aktivitas listrik jantung.
  • Echocardiography (echo). Tes ini menggunakan gelombang suara untuk membuat gambar rinci jantung Anda. Echo menunjukkan ukuran dan bentuk jantung Anda dan seberapa baik ruang dan katup jantung Anda bekerja.

Apa yang Diharapkan Selama Operasi Alat Bantu Ventrikel

Apa yang Diharapkan Selama Operasi Alat Bantu Ventrikel. Sumber: Herbert.Oerte / www.prof-oertel.del

Alat bantu ventrikel atau ventricular assist device (VAD) biasanya membutuhkan waktu antara 4 dan 6 jam. Prosesnya mirip dengan operasi jantung terbuka jenis lain.

Tim untuk operasi VAD meliputi:

  • Ahli bedah yang melakukan operasi.
  • Perawat bedah yang membantu ahli bedah.
  • Ahli anestesi yang bertanggung jawab atas obat yang membuat Anda tidur selama operasi.
  • Perfusionis yang bertanggung jawab atas mesin bypass jantung-paru. Mesin ini membuat darah mengalir melalui tubuh Anda sementara VAD diletakkan di dada Anda.

Sebelum operasi, Anda akan diberi obat untuk membuat Anda tidur sehingga Anda tidak akan merasa sakit. Tanda-tanda vital Anda—seperti detak jantung, tekanan darah, tingkat oksigen, dan pernapasan—akan diperiksa sepanjang operasi.

Tabung pernapasan akan dimasukkan ke tenggorokan menuju paru-paru Anda. Tabung ini akan terhubung ke ventilator (mesin yang mendukung pernapasan).

Dokter bedah akan memotong bagian tengah dada Anda. Kemudian ia akan memotong tulang dada dan membuka tulang rusuk Anda untuk mencapai jantung Anda.

Anda mungkin diberikan obat untuk menghentikan jantung Anda selama operasi. Obat akan memungkinkan dokter bedah Anda untuk beroperasi pada hati yang diam. Mesin bypass jantung-paru akan menjaga darah yang kaya oksigen bergerak melalui tubuh Anda selama operasi. (Beberapa operasi LVAD telah dilakukan tanpa menghentikan jantung dan menggunakan mesin bypass jantung-paru.)

Untuk informasi lebih lanjut tentang mesin bypass jantung-paru, termasuk ilustrasi, lihat “Apa yang Diharapkan Selama Bedah Jantung.”

Setelah ahli bedah memasang VAD dengan benar, mesin jantung-paru dimatikan dan VAD mulai bekerja. Perangkat ini mendukung aliran darah dan mengambil alih fungsi jantung memompa.

Apa yang Diharapkan Sesudah Operasi Alat Bantu Ventrikel

Apa yang Diharapkan Sesudah Operasi Alat Bantu Ventrikel. Sumber: Hellerhoff

Pemulihan di Rumah Sakit

Waktu pemulihan setelah operasi alat bantu ventrikel (VAD) sangat tergantung pada kondisi Anda sebelum operasi.

Jika Anda menderita penyakit jantung yang parah beberapa waktu sebelum mendapatkan VAD, tubuh Anda mungkin lemah dan paru-paru Anda mungkin tidak berfungsi dengan baik. Dengan demikian, Anda mungkin masih memerlukan ventilator (mesin yang mendukung pernapasan) selama beberapa hari setelah operasi. Anda juga mungkin perlu terus mendapatkan nutrisi melalui selang makanan.

Ketika Anda pertama kali bangun dari operasi VAD, Anda akan berada di unit perawatan intensif rumah sakit (ICU). Selang intravena (IV) akan memberi Anda cairan dan nutrisi. Terpasang selang di kandung kemih Anda untuk mengalirkan air seni dan selang untuk mengalirkan darah dan cairan dari dada dan jantung Anda.

Setelah beberapa hari atau lebih, tergantung seberapa cepat tubuh Anda pulih, Anda akan pindah ke kamar perawatan biasa rumah sakit. Perawat yang memiliki pengalaman dengan VAD akan menjaga Anda.

Perawat akan membantu Anda turun dari tempat tidur, duduk, dan berjalan-jalan. Ketika Anda semakin kuat, Anda akan dapat pergi ke kamar mandi sendiri dan menjalani diet reguler. Selang makan dan urin akan dilepas. Anda juga bisa mandi. Anda akan belajar cara merawat VAD Anda saat mandi.

Di rumah sakit, perawat dan ahli terapi fisik akan membantu Anda memulihkan kekuatan Anda melalui peningkatan aktivitas secara bertahap. Anda juga akan belajar cara merawat VAD Anda di rumah.

Keluarga atau teman mengunjungi Anda di rumah sakit dapat sangat membantu. Mereka dapat membantu Anda dengan banyak kegiatan. Mereka juga dapat belajar tentang merawat VAD sehingga mereka dapat membantu Anda di rumah.

Obat-obatan

Setelah operasi VAD, Anda harus memperhatikan tanda-tanda infeksi. Tanda-tanda ini mungkin termasuk rasa sakit di atas tempat VAD, cairan yang mengalir dari tempat selang atau kabel keluar dari kulit, atau demam. Jika Anda memiliki tanda-tanda ini, beri tahu dokter segera.

Anda dapat meminum antibiotik sebelum operasi dan selama beberapa hari setelah operasi. Antibiotik dapat menurunkan risiko Anda terkena infeksi.

Dengan sebagian besar VAD, dokter juga meresepkan obat anti pembekuan darah, seperti warfarin (Coumadin®) dan aspirin. Obat-obatan ini membantu mencegah pembekuan darah di dalam jantung Anda atau VAD.

Ketika ada perangkat yang ditanam di tubuh Anda, risiko pembekuan darah meningkat. Anda mungkin perlu mengonsumsi obat-obatan anti pembekuan darah selama Anda menggunakan VAD. Anda juga akan melakukan tes darah secara berkala untuk memastikan obat-obatan berfungsi dengan baik.

Minum semua obat Anda seperti yang diresepkan dokter. Biarkan dokter tahu apakah Anda mengalami efek samping.

Pulang

Setelah pemulihan awal dari operasi VAD, Anda akan mulai bersiap-siap untuk pulang. Tim perawatan kesehatan akan membantu mempersiapkan Anda untuk transisi tersebut.

Tim ini mungkin termasuk seorang ahli bedah jantung, ahli jantung (spesialis jantung), perawat perawatan kritis, ahli terapi fisik, ahli diet, dan pekerja sosial.

Tim akan membantu Anda secara bertahap menyesuaikan diri untuk tinggal di rumah dengan VAD. Anda akan meninggalkan rumah sakit dan pulang selama beberapa jam dan kemudian kembali. Selanjutnya, Anda dapat pulang ke rumah seharian dan kembali ke rumah sakit untuk tidur.

Jika perjalanan ini berjalan dengan baik, dokter mungkin mengeluarkan Anda dari rumah sakit. Jika Anda belum cukup memulihkan kekuatan, Anda mungkin pergi ke fasilitas perawatan khusus hingga 2 minggu. Ini memungkinkan tim medis untuk memastikan Anda siap pulang.

Tim medis juga akan mengajari Anda cara hidup dengan VAD. Anda mungkin mendapatkan beberapa informasi ini sebelum operasi Anda. Anda akan belajar cara merawat VAD, apa yang harus dilakukan jika perangkat memberi peringatan bahwa VAD tidak berfungsi dengan baik, dan bagaimana melakukan aktivitas sehari-hari seperti mandi.

Tingkat Aktivitas

Ketika Anda pulang setelah operasi VAD, Anda kemungkinan akan dapat kembali ke sebagian besar aktivitas harian normal Anda. Anda mungkin bisa kembali bekerja, terlibat dalam hobi dan aktivitas seksual, dan mengemudi. Tim medis akan memberi tahu Anda tentang tingkat aktivitas yang aman bagi Anda.

Perjalanan

Jika Anda menunggu transplantasi jantung, Anda harus tetap berada dalam jarak tempuh 2 jam dari rumah sakit seandainya jantung donor tersedia.

Jika Anda tidak menunggu transplantasi dan ingin bepergian, tim medis dapat memberi tahu Anda tentang langkah-langkah khusus yang perlu Anda ambil. Orang yang menggunakan VAD bisa terbang di pesawat terbang dan menggunakan semua bentuk transportasi lainnya.

Nutrisi dan Olahraga

Saat Anda pulih dari operasi VAD, mendapatkan nutrisi yang baik adalah hal yang penting. Bicarakan dengan tim medis tentang mengikuti rencana makan yang tepat untuk pemulihan.

Latihan fisik yang diawasi juga penting untuk memberi tubuh Anda kekuatan yang dibutuhkan untuk pulih. Selama saat ketika jantung Anda tidak bekerja dengan baik (sebelum operasi), otot-otot di tubuh Anda melemah. Membangun kembali otot-otot akan memungkinkan Anda melakukan lebih banyak aktivitas dan merasa kurang lelah.

Rehab Jantung

Tim perawatan kesehatan Anda mungkin merekomendasikan rehabilitasi jantung (rehab). Rehab jantung adalah program yang diawasi secara medis yang membantu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan orang-orang yang memiliki masalah jantung.

Program rehabilitasi meliputi latihan olahraga, pendidikan untuk hidup dengan jantung sehat, dan konseling untuk mengurangi stres dan membantu Anda kembali ke kehidupan yang lebih aktif.

Perawatan Berkelanjutan

Anda dan dokter akan menjadwalkan kunjungan medis lanjutan. Ini akan membantu dokter melacak apa yang Anda lakukan.

Setelah Anda meninggalkan rumah sakit, dokter mungkin menyarankan Anda untuk mengunjungi klinik rawat jalan setiap minggu selama bulan pertama. Setelah itu, Anda dapat pergi setiap dua minggu dan kemudian setiap dua bulan lain untuk jangka waktu tertentu.

Jika Anda berada di daftar tunggu untuk transplantasi jantung, Anda akan tetap berhubungan dekat dengan pusat transplantasi. Sebagian besar jantung donor harus ditransplantasikan dalam waktu 4 jam setelah dikeluarkan dari donor.

Beberapa pusat transplantasi jantung memberi Anda pager sehingga pusat dapat menghubungi Anda kapan saja. Anda harus siap untuk tiba di rumah sakit dalam waktu 2 jam setelah diberitahu tentang jantung donor.

Masalah Emosional dan Dukungan

Mendapatkan VAD dapat menyebabkan ketakutan, kecemasan, dan stres. Jika Anda menunggu transplantasi jantung, Anda mungkin khawatir VAD tidak akan membuat Anda tetap hidup cukup lama untuk mendapatkan jantung yang baru. Anda mungkin merasa tertekan atau depresi.

Semua perasaan ini normal untuk orang yang akan menjalani operasi jantung besar. Bicarakan tentang bagaimana perasaan Anda dengan tim perawatan kesehatan Anda. Berbicara dengan konselor profesional juga dapat membantu.

Jika Anda sangat depresi, dokter dapat merekomendasikan obat-obatan atau perawatan lain yang dapat meningkatkan kualitas hidup Anda.

Memiliki keluarga dan teman-teman di sekitar untuk dukungan juga dapat membantu menghilangkan stres dan kecemasan. Biarkan orang yang Anda cintai tahu bagaimana perasaan Anda dan apa yang dapat mereka lakukan untuk membantu Anda. Mereka dapat memainkan peran penting dalam merawat Anda setelah Anda pulang ke rumah.

Sumber: StoryMD

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

  • Rekomendasi dokter/rumah sakit
  • Buat janji dokter spesialis
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Cari paket medical check up

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?