Intervensi Koroner Perkutan

intervensi koroner perkutan

Daftar Isi

Intervensi Koroner Perkutan atau Percutaneous Coronary Intervention (PCI) memerlukan kateterisasi jantung, yang merupakan penyisipan selang kateter dan suntikan pewarna kontras, biasanya berbasis yodium, ke dalam arteri koroner. Dokter menggunakan PCI untuk membuka arteri koroner yang menyempit atau terhalang oleh penumpukan plak aterosklerotik. PCI dapat digunakan untuk meredakan gejala penyakit jantung koroner atau untuk mengurangi kerusakan jantung selama atau setelah serangan jantung.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Kardiolog, atau dokter spesialis jantung, akan melakukan PCI di laboratoriium kateterisasi jantung rumah sakit. Anda akan tetap terjaga, tetapi Anda akan diberikan obat untuk membuat Anda rileks. Sebelum prosedur, Anda akan menerima obat melalui saluran intravena (IV) di lengan Anda untuk mencegah pembekuan darah. Dokter akan membersihkan dan mematirasakan area di pergelangan tangan atau selangkangan di mana dokter akan membuat lubang kecil dan memasukkan kateter ke dalam pembuluh darah Anda. Sinar X langsung akan membantu dokter memandu kateter menuju jantung Anda untuk menyuntikkan pewarna kontras khusus yang akan menyoroti penyumbatan. Untuk membuka arteri yang tersumbat, dokter akan memasukkan kateter lain di atas kabel pemandu (guidewire) dan menggelembungkan balon di ujung kateter itu. Dokter mungkin memasang tabung jaring kecil yang disebut stent di arteri Anda untuk membantu menjaga arteri tetap terbuka.

Setelah PCI, dokter akan melepas kateter dan menutup serta membalut lubang di pergelangan tangan atau selangkangan Anda. Anda mungkin mengalami memar dan nyeri di tempat kateter dimasukkan. Juga lazim terjadi ketidaknyamanan atau perdarahan di tempat kateter dimasukkan. Anda akan pulih di unit khusus rumah sakit selama beberapa jam atau semalam. Anda akan mendapatkan instruksi tentang seberapa banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan dan obat-obatan apa yang harus diminum. Anda akan membutuhkan tumpangan untuk pulang karena obat-obatan atau anestesi yang Anda terima. Dokter akan memeriksa kemajuan Anda selama kunjungan tindak lanjut. Jika stent dipasang, Anda harus meminum obat-obatan anti-pembekuan khusus persis seperti yang diresepkan, biasanya untuk setidaknya tiga hingga 12 bulan.

Komplikasi serius akibat PCI jarang terjadi, tetapi bisa saja terjadi. Komplikasi ini mungkin termasuk perdarahan, kerusakan pembuluh darah, reaksi alergi yang bisa diobati terhadap pewarna kontras, kebutuhan untuk operasi bypass arteri koroner darurat saat prosedur, aritmia, arteri rusak, kerusakan ginjal, serangan jantung, stroke, atau pembekuan darah. Kadang-kadang nyeri dada dapat terjadi selama PCI karena balon secara singkat menghalangi suplai darah ke jantung. Restenosis, atau pertumbuhan kembali jaringan di bagian arteri yang dirawat, dapat terjadi pada bulan-bulan berikutnya dan menyebabkan arteri menjadi sempit atau tersumbat lagi. Risiko komplikasi lebih tinggi jika Anda lebih tua, mengidap penyakit ginjal kronis, mengalami gagal jantung pada saat prosedur, atau mengidap penyakit jantung yang ekstensif dan banyak penyumbatan di arteri koroner Anda.

Apa Itu Intervensi Koroner Perkutan?

Intervensi koroner perkutan (PCI), umumnya dikenal sebagai angioplasti koroner atau hanya angioplasti, adalah prosedur non-bedah yang digunakan untuk membuka arteri koroner (jantung) sempit atau tersumbat. Perkutan berarti “melalui kulit.” Prosedur ini dilakukan dengan memasukkan selang fleksibel tipis (kateter) melalui kulit di paha atas atau lengan di arteri. Prosedur ini mengembalikan aliran darah ke otot jantung.

Ringkasan

Seiring bertambahnya usia Anda, zat lilin yang disebut plak dapat menumpuk di dalam arteri. Kondisi ini disebut aterosklerosis. Aterosklerosis dapat mempengaruhi arteri di dalam tubuh. Ketika aterosklerosis mempengaruhi arteri koroner, kondisi ini disebut penyakit jantung koroner (PJK) atau penyakit arteri koroner.

Seiring waktu, plak dapat mengeras atau pecah (pecah terbuka). Plak yang mengeras menyempitkan arteri koroner dan mengurangi aliran darah yang kaya oksigen ke jantung. Ini bisa menyebabkan nyeri dada atau ketidaknyamanan yang disebut angina. Jika plak pecah, bekuan darah dapat terbentuk di permukaannya. Bekuan darah besar sebagian besar atau seluruhnya dapat memblokir aliran darah melalui arteri koroner. Ini adalah penyebab paling umum serangan jantung. Seiring waktu, ruptur plak juga mengeras dan menyempitkan arteri koroner.

PCI dapat mengembalikan aliran darah ke jantung. Selama prosedur, kateter (selang) tipis dan fleksibel dengan balon di ujungnya berulir melalui pembuluh darah ke arteri yang terkena. Setelah berada di tempat, balon dipompa untuk menekan plak terhadap dinding arteri. Ini mengembalikan aliran darah melalui arteri.

Dokter dapat menggunakan prosedur ini untuk memperbaiki gejala PJK, seperti angina. Prosedur ini juga dapat mengurangi kerusakan otot jantung yang disebabkan oleh serangan jantung.

Harapan

Komplikasi serius dari PCI jarang terjadi, tetapi dapat terjadi tidak peduli seberapa hati-hati dokter atau seberapa baik ia melakukan prosedur. Komplikasi yang paling umum adalah ketidaknyamanan dan perdarahan di tempat pemasangan kateter.

Penelitian tentang PCI terus berlangsung untuk membuatnya lebih aman dan lebih efektif dan untuk mencegah arteri yang dirawat menyempit lagi.

Siapa yang Memerlukan Intervensi Koroner Perkutan?

Siapa yang Memerlukan Intervensi Koroner Perkutan? Sumber: National Heart, Lung, and Blood Institute

Dokter dapat merekomendasikan intervensi koroner perkutan (PCI) jika Anda memiliki arteri koroner yang sempit atau tersumbat sebagai akibat dari penyakit jantung koroner (PJK). PCI adalah salah satu pengobatan untuk PJK. Perawatan lain termasuk obat-obatan dan operasi bypass arteri koroner atau coronary artery bypass grafting (CABG). CABG adalah jenis operasi di mana arteri atau vena yang sehat dari tubuh dihubungkan, atau dicangkokkan, ke arteri koroner yang tersumbat.

Arteri yang dicangkokkan atau vena mem-bypass (yaitu, mengitari) bagian yang tersumbat dari arteri koroner. Ini meningkatkan aliran darah ke jantung.

Dibandingkan dengan CABG, beberapa kelebihan PCI adalah:

  • Tidak memerlukan operasi jantung terbuka
  • Tidak memerlukan anestesi umum (yaitu, Anda tidak akan diberi obat untuk membuat Anda tidur selama prosedur)
  • Memiliki waktu pemulihan yang lebih singkat

Namun, PCI bukan untuk semua orang. Bagi sebagian orang, CABG mungkin menjadi opsi yang lebih baik. Misalnya, CABG dapat digunakan untuk mengobati orang-orang yang mengalami PJK berat, penyempitan arteri koroner kiri utama, atau fungsi yang buruk di ruang jantung kiri bawah.

Selain itu, penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang dengan PJK yang juga menderita diabetes mungkin memperoleh manfaat lebih besar dari CABG.

Dokter akan mempertimbangkan banyak faktor ketika memutuskan pengobatan mana yang akan direkomendasikan. PCI juga digunakan sebagai perawatan darurat untuk serangan jantung. Ketika menumpuk di arteri koroner, plak bisa pecah. Ini bisa menyebabkan terbentuknya bekuan darah di permukaan plak dan menyumbat aliran darah ke otot jantung. Membuka sumbatan dengan cepat akan memulihkan aliran darah dan mengurangi kerusakan otot jantung selama serangan jantung.

Apa yang Diharapkan Sebelum Intervensi Koroner Perkutan

Intervensi koroner perkutan (PCI) dilakukan di rumah sakit. Ahli jantung akan melakukan prosedur ini. Ahli jantung adalah dokter yang mengkhususkan diri dalam mendiagnosis dan mengobati penyakit dan kondisi jantung.

Jika PCI tidak dilakukan sebagai perawatan darurat, Anda akan bertemu dengan ahli jantung sebelumnya. Ia akan memeriksa riwayat kesehatan Anda (termasuk obat-obatan yang Anda ambil), melakukan pemeriksaan fisik, dan berbicara dengan Anda tentang prosedurnya.

Dokter juga dapat merekomendasikan tes, seperti tes darah, EKG (elektrokardiogram), dan sinar x dada.

Setelah prosedur dijadwalkan, dokter akan menyarankan Anda:

  • Kapan mulai puasa (tidak makan atau minum) sebelum prosedur. Seringkali, Anda harus berhenti makan dan minum 6-8 jam sebelum prosedur.
  • Obat-obatan apa yang harus dan tidak boleh Anda minum pada hari prosedur.
  • Kapan tiba di rumah sakit dan ke mana harus pergi.

Meskipun PCI hanya membutuhkan waktu 1-2 jam, Anda mungkin harus menginap di rumah sakit semalaman. Dokter mungkin menyarankan Anda untuk tidak mengemudi selama waktu tertentu setelah prosedur. Dengan demikian, Anda mungkin harus mengatur untuk diantar pulang.

Apa yang Diharapkan Selama Intervensi Koroner Perkutan

Angioplasti yang Memperlihatkan Stent yang Dimasukkan ke Arteri yang Tersumbat. Sumber: TheVisualMD

Intervensi koroner perkutan (PCI) dilakukan di bagian khusus rumah sakit yang disebut laboratorium kateterisasi jantung. “Lab Kateterisasi” memiliki layar video khusus dan mesin sinar x.

Dokter akan menggunakan peralatan ini untuk melihat gambar sumbatan yang diperbesar di arteri koroner Anda.

Persiapan

Di laboratorium kateterisasi, Anda akan berbaring. Saluran intravena (IV) akan dipasang di lengan Anda untuk memberi cairan dan obat-obatan. Obat-obatan akan membuat Anda rileks dan membantu mencegah pembekuan darah.

Daerah di mana dokter akan memasukkan kateter akan dicukur. Kateter biasanya dimasukkan ke selangkangan Anda (paha atas). Area yang dicukur akan dibersihkan dan kemudian dimatirasa. Obat mati rasa mungkin menyengat saat masuk.

Prosedur

Selama PCI, Anda akan terjaga tetapi mengantuk. Dokter akan menggunakan jarum untuk membuat lubang kecil di arteri di lengan atau selangkangan Anda. Kabel panduan yang tipis dan fleksibel akan dimasukkan ke dalam arteri melalui lubang kecil. Kemudian, dokter Anda akan mengambil jarum dan menempatkan tabung meruncing yang disebut selubung (sheath) di atas kawat panduan dan ke dalam arteri.

Selanjutnya, dokter akan memasang selang panjang, tipis, fleksibel yang disebut kateter pemandu melalui selubung (sheath) dan menggesernya melewati kabel pemandu. Kateter digerakkan ke lubang arteri koroner, dan kabel panduan dilepas. Dokter akan menyuntikkan pewarna khusus melalui kateter. Pewarna akan membantu menunjukkan bagian dalam arteri koroner dan penyumbatan apa pun pada gambar sinar x yang disebut angiogram. Kabel panduan lain kemudian dimasukkan melalui kateter ke dalam arteri koroner dan diarahkan melewati sumbatan. Kateter tipis dengan balon di ujungnya (kateter balon) di dorong di atas kabel tersebut dan melewati kateter pemandu.

Kateter balon ditempatkan di dalam sumbatan. Kemudian, balon tersebut dipompa. Ini mendorong plak ke dinding arteri, mengurangi sumbatan dan meningkatkan aliran darah melalui arteri. Terkadang balon mengembang dan mengempis lebih dari sekali untuk memperlebar arteri.

Dokter mungkin memasang stent (tabung jarring kecil) di arteri Anda untuk membantu membuatnya tetap terbuka. Jika demikian, stent akan dibungkuskan di seputar kateter balon.

Ketika dokter mengembang balon, stent akan mengembang ke dinding arteri. Ketika balon dikempiskan dan ditarik keluar dari arteri dengan kateter, stent tetap terpasang di dalam arteri.

Setelah PCI selesai, selubung, kabel pemandu, dan kateter dikeluarkan dari arteri Anda. Tekanan diterapkan untuk menghentikan pendarahan di tempat pemasangan kateter. Terkadang perangkat khusus digunakan untuk menutup lubang di arteri.

Selama PCI, Anda akan menerima obat antiplatelet yang kuat melalui saluran infus Anda. Obat-obatan ini membantu mencegah pembekuan darah di dalam arteri atau pada stent. Dokter mungkin memberi Anda obat antiplatelet sebelum prosedur.

Apa yang Diharapkan Setelah Intervensi Koroner Perkutan

Setelah intervensi koroner perkutan (PCI), Anda akan dipindahkan ke unit perawatan khusus. Anda akan tinggal di sana selama beberapa jam atau semalam. Anda harus berbaring diam selama beberapa jam agar pembuluh darah di lengan atau selangkangan (paha atas) menutup sepenuhnya.

Saat Anda pulih, seseorang di tim perawatan kesehatan Anda akan memeriksa tekanan darah, detak jantung, tingkat oksigen, dan suhu Anda. Tempat kateter dimasukkan juga akan diperiksa untuk mengetahui adanya perdarahan. Daerah itu mungkin terasa sakit atau nyeri tekan untuk sementara waktu.

Pulang

Kebanyakan orang pulang ke rumah sehari setelah prosedur. Ketika dokter berpikir Anda sudah siap untuk meninggalkan rumah sakit, Anda akan mendapatkan instruksi untuk diikuti di rumah, seperti:

  • Berapa banyak aktivitas atau olahraga yang dapat Anda lakukan. (Kebanyakan orang dapat berjalan sehari setelah prosedur PCI.)
  • Kapan Anda harus ke dokter lagi.
  • Obat-obatan apa yang harus Anda minum.
  • Apa yang harus Anda cari setiap hari saat memeriksa tanda-tanda infeksi di sekitar tempat pemasangan kateter. Tanda-tanda infeksi termasuk kemerahan, bengkak, dan drainase.
  • Kapan Anda harus menghubungi dokter. Misalnya, Anda mungkin perlu menelepon jika Anda mengalami sesak napas; demam; atau tanda-tanda infeksi, rasa sakit, atau perdarahan.
  • Kapan Anda harus menelepon 1–1–2 (misalnya, jika Anda mengalami nyeri dada).

Dokter akan meresepkan obat untuk membantu mencegah pembekuan darah. Minum semua obat Anda seperti yang diresepkan dokter.

Jika Anda dipasangi stent selama PCI, obat mengurangi risiko terbentuknya pembekuan darah di stent. Pembekuan darah di stent dapat menyumbat aliran darah dan menyebabkan serangan jantung.

Pemulihan dan Penyembuhan

Kebanyakan orang sembuh dari PCI dan kembali bekerja dalam seminggu setelah meninggalkan rumah sakit.

Dokter akan memeriksa kemajuan Anda setelah Anda meninggalkan rumah sakit. Selama kunjungan lanjutan, dokter akan memeriksa Anda, membuat perubahan pada obat-obatan Anda (jika diperlukan), melakukan tes yang diperlukan, dan memeriksa pemulihan keseluruhan Anda.

Gunakan waktu ini untuk mengajukan pertanyaan yang mungkin Anda miliki tentang kegiatan, obat-obatan, atau perubahan gaya hidup, atau untuk berbicara tentang masalah lain yang mengkhawatirkan Anda.

Perubahan Gaya Hidup

Meskipun dapat mengurangi gejala penyakit jantung koroner (PJK), PCI bukan obat untuk PJK atau faktor risiko yang menyebabkannya. Menjalani gaya hidup sehat dapat membantu mengobati PJK dan mempertahankan hasil yang baik dari PCI.

Bicarakan dengan dokter tentang faktor risiko Anda untuk PJK dan perubahan gaya hidup yang harus Anda lakukan. Perubahan gaya hidup mungkin termasuk mengubah diet Anda, berhenti merokok, aktif secara fisik, menurunkan berat badan atau menjaga berat badan yang sehat, dan mengurangi stres.

Rehabilitasi Jantung

Dokter dapat merekomendasikan rehabilitasi jantung (rehab). Rehabilitasi jantung adalah program yang diawasi secara medis yang membantu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan orang-orang yang memiliki masalah jantung.

Rehabilitasi jantung termasuk pelatihan olahraga, pendidikan untuk hidup jantung sehat, dan konseling untuk mengurangi stres dan membantu Anda kembali ke kehidupan yang aktif. Dokter dapat memberi tahu Anda di mana menemukan program rehabilitasi jantung di dekat rumah Anda.

Bagaimana Intervensi Koroner Perkutan Dilakukan

Sebelum Anda menjalani intervensi koroner perkutan (PCI), dokter perlu mengetahui lokasi dan luasnya sumbatan di arteri koroner (jantung) Anda. Untuk mendapatkan informasi ini, dokter akan menggunakan angiografi koroner. Tes ini menggunakan pewarna dan sinar x khusus untuk menunjukkan bagian dalam arteri Anda.

Selama angiografi, sebuah selang kecil (atau beberapa selang) yang disebut kateter dimasukkan ke dalam arteri, biasanya di selangkangan (paha atas). Kateter didorong ke arteri koroner.

Pewarna khusus, yang dapat dilihat pada gambar sinar x, disuntikkan melalui kateter.
Foto sinar x diambil saat pewarna mengalir melalui arteri koroner Anda. Pewarna menunjukkan apakah ada penyumbatan dan lokasi serta tingkat keparahannya.

Selama PCI, kateter lain dengan balon di ujungnya (kateter balon) dimasukkan ke dalam arteri koroner dan ditempatkan di dalam sumbatan. Kemudian, balon itu digembungkan. Ini mendorong plak ke dinding arteri, mengurangi sumbatan dan meningkatkan aliran darah.

Stent

Tabung jaring kecil yang disebut stent biasanya dipasang di arteri selama prosedur. Stent dibungkus di sekitar kateter balon kempes sebelum kateter dimasukkan ke dalam arteri.

Ketika balon dipompa untuk menekan plak, stent mengembang dan menempel ke dinding arteri. Stent menopang dinding arteri bagian dalam dan mengurangi kemungkinan arteri menjadi sempit atau tersumbat lagi.

Beberapa stent dilapisi dengan obat yang secara perlahan dan terus-menerus dilepaskan ke arteri. Ini disebut stent bersalut obat atau drug-eluting stent. Obat membantu mencegah jaringan parut menyumbat arteri setelah PCI.

Faktor Risiko Intervensi Koroner Perkutan

Angioplasti yang Memperlihatkan Balon yang Dikempiskan Dipasang Melintasi Arteri yang Terseubmat. Sumber: TheVisualMD

Intervensi koroner perkutan (PCI) adalah prosedur medis umum. Komplikasi serius jarang terjadi, tetapi dapat saja terjadi tidak peduli seberapa hati-hati dokter atau seberapa baik ia melakukan prosedur.

Komplikasi PCI dapat meliputi:

  • Ketidaknyamanan dan perdarahan di tempat pemasangan kateter.
  • Kerusakan pembuluh darah akibat kateter.
  • Reaksi alergi terhadap pewarna yang digunakan selama prosedur.
  • Aritmia (detak jantung tidak teratur).
  • Kebutuhan untuk operasi bypass arteri koroner darurat selama prosedur (kurang dari 3 persen orang). Ini dapat terjadi jika arteri menutup dan bukannya membuka.
  • Kerusakan ginjal yang disebabkan oleh pewarna yang digunakan selama prosedur.
  • Serangan jantung (3-5 persen orang).
  • Stroke (kurang dari 1 persen orang).

Kadang-kadang nyeri dada dapat terjadi selama PCI karena balon secara singkat menghalangi suplai darah ke jantung.

Seperti halnya prosedur yang melibatkan jantung, komplikasi terkadang bisa berakibat fatal. Namun, ini jarang terjadi pada PCI. Kurang dari 2 persen orang meninggal selama prosedur.

Risiko komplikasi lebih tinggi pada:

  • Orang yang berusia 65 ke atas
  • Orang yang mengidap penyakit ginjal kronis
  • Orang yang syok
  • Orang-orang yang mengidap penyakit jantung yang ekstensif dan mengalami penyumbatan di arteri koroner (jantung)

Penelitian tentang PCI terus berlangsung untuk membuatnya lebih aman dan lebih efektif dan untuk mencegah arteri yang dirawat menyempit lagi.

Komplikasi Intervensi Koroner Perkutan

Restenosis

Masalah lain yang dapat terjadi setelah PCI adalah pertumbuhan jaringan yang terlalu banyak di bagian yang dirawat pada arteri. Ini dapat menyebabkan arteri menjadi sempit atau tersumbat lagi, sering dalam waktu 6 bulan. Komplikasi ini disebut restenosis.

Ketika stent (tabung jala kecil) tidak digunakan selama PCI, 30 persen orang mengalami restenosis. Ketika stent digunakan, 15 persen orang mengalami restenosis.

Restenosis Stent

Stent bersalut obat (drug-eluting stent) mengurangi pertumbuhan jaringan parut di sekitar stent. Stent ini lebih lanjut mengurangi risiko restenosis. Ketika stent ini digunakan, sekitar 10 persen orang mengalami restenosis.

Perawatan lain, seperti radiasi, dapat membantu mencegah pertumbuhan jaringan di dalam stent. Untuk prosedur ini, kawat dimasukkan melalui kateter ke tempat stent dipasang. Kawat melepaskan radiasi untuk menghentikan pertumbuhan jaringan yang mungkin menghalangi arteri.

Bekuan Darah

Studi menunjukkan bahwa ada risiko yang lebih tinggi terbentuknya bekuan darah di stent bersalut obat dibandingkan dengan stent logam saja. Namun, tidak ada bukti kuat bahwa stent ini meningkatkan kemungkinan terkena serangan jantung atau kematian jika digunakan sesuai anjuran. Para peneliti terus mempelajari stent bersalut obat.

Minum obat seperti yang diresepkan dokter dapat menurunkan risiko pembekuan darah. Orang-orang yang dipasangi stent bersalut obat biasanya disarankan untuk meminum obat-obatan antiplatelet, seperti clopidogrel dan aspirin, hingga satu tahun atau lebih.

Seperti halnya semua prosedur, Anda harus berbicara dengan dokter tentang pilihan pengobatan Anda, termasuk risiko dan manfaatnya.

Sumber: StoryMD

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

  • Rekomendasi dokter/rumah sakit
  • Buat janji dokter spesialis
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Cari paket medical check up

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?