Membesarkan Payudara (Implan)

Daftar Isi

Membesarkan payudara adalah suatu proses yang dilakukan secara sengaja untuk membesarkan ukuran payudara. Di kalangan wanita, ukuran payudara dipercaya sebagai salah satu daya tarik seksual wanita. Makanya, tak jarang ada wanita yang dengan sengaja melakukan pembesaran payudara demi mendapatkan ukuran sesuai yang mereka inginkan. 

Jika Anda tertarik melakukan pembesaran payudara, ada dua cara yang bisa Anda tempuh, yaitu cara alami dan cara buatan (artifisial) lewat jalur operasi. Anda tinggal pilih ingin menempuh jalan yang mana. Dengan catatan Anda harus menyiapkan dana yang cukup tinggi untuk satu kali operasi.

Jenis Implan Payudara

Umumnya, ada dua jenis implan payudara yang wajib Anda ketahui sebelum memutuskan operasi, yaitu:

  • Implan salin adalah implan payudara yang menggunakan kantong silikon berisi air garam steril. Jika kantong implan bocor, air dari implan salin akan diserap dan dikeluarkan secara alami oleh tubuh.
  • Implan silikon adalah implan payudara yang menggunakan kantong yang sudah diisi dengan gel silikon. Berbeda dengan salin, gel silikon lebih terasa alami layaknya payudara asli. Jika kantong implan bocor, gel tetap berada di dalam cangkang implan, karena implan yang menggunakan gel silikon tidak mudah bocor. 

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Cara Kerja Pembesaran Payudara

Perlu Anda ketahui, untuk melakukan pembesaran payudara biasanya melibatkan implan atau transfer lemak guna meningkatkan ukuran payudara Anda. Prosedur ini juga dapat mengembalikan volume payudara yang hilang setelah mengalami penurunan berat badan yang drastis atau setelah kehamilan. Tujuannya untuk mendapatkan bentuk payudara yang lebih bulat dan bentuk yang alami. Berikut beberapa hal yang bisa Anda dapatkan setelah melakukan pembesaran payudara:

  • Meningkatkan volume payudara.
  • Meningkatkan kepercayaan diri Anda. 
  • Menciptakan bentuk payudara yang alami.
  • Meningkatkan keseimbangan kontur antara payudara dan pinggul.
  • Rekonstruksi payudara setelah mengalami cedera atau mastektomi (operasi pengangkatan payudara).

Namun, ada pula beberapa hal yang tidak bisa Anda dapatkan setelah melakukan pembesaran payudara, seperti halnya pada kondisi payudara yang sudah terkulai parah atau kendur. Mungkin, pembesaran dapat dilakukan bersamaan dengan pengencangan payudara, supaya payudara yang kendur bisa terlihat lebih penuh dan terangkat. Konsultasikan lagi dengan dokter untuk mendapatkan bentuk dan volume payudara yang Anda inginkan.

Estimasi Biaya Membesarkan Payudara

Estimasi biaya pembesaran payudara bervariasi tergantung dengan dokter yang Anda pilih, lokasi rumah sakit, dan jenis implan payudara yang digunakan. Kondisi payudara sebelum melakukan operasi juga ikut menjadi bahan pertimbangan biaya. Karena seberapa banyak perubahan yang inginkan akan memengaruhi jumlah biaya operasi pembesaran payudara. 

Untuk estimasi membesarkan payudara di dalam atau luar negeri, hubungi Smarter Health.

Sebelum Membesarkan Payudara

Konsultasi dengan dokter bedah plastik pilihan Anda tentang ukuran, bentuk, dan kenyamanan payudara yang Anda rasakan saat ini. Nantinya dokter bedah akan menjelaskan jenis implan yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Anda, serta opsi terbaik untuk teknik bedah yang akan dilakukan. 

Sebelum Anda melakukan operasi pembesaran payudara, sebaiknya ketahui terlebih dahulu informasi berikut untuk bahan pertimbangan:

  • Pembesaran payudara bukan berarti mencegah payudara Anda kendur, karena untuk mengencangkan payudara ada prosedur tersendiri, yakni dengan mengangkat payudara, bukan membesarkan payudara Anda. 
  • Hasil pembesaran payudara tidak dijamin dapat bertahan seumur hidup, karena payudara Anda akan terus menua dan adanya faktor lain seperti, penaikan dan penurunan berat badan dan ketepatan pemilihan bra.
  • Jika Anda memutuskan untuk melakukan pembesaran payudara, berarti Anda juga harus siap untuk melakukan mammografi secara rutin. Mammografi adalah penggunaan sinar-X dalam dosis rendah untuk memeriksa kesehatan payudara manusia.
  • Sebagian wanita yang sudah melakukan pembesaran payudara tetap bisa memberikan ASI ideal kepada anak. Akan tetapi sebagian wanita lainnya berisiko mengalami tantangan akibat terhambatnya ASI. 
  • Jika Anda memutuskan untuk melepas implan payudara, Anda mungkin perlu melakukan serangkaian operasi untuk mengembalikan penampilan payudara Anda seperti semula. 

Banyak berdiskusi dengan dokter bedah sebelum mengambil keputusan pembesaran payudara sangatlah penting. Anda mungkin memerlukan mammografi sebagai pemeriksaan awal payudara sebelum operasi. Jelaskan secara rinci apabila Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu agar dokter dapat menyesuaikan. Jika Anda merokok, dokter akan meminta Anda untuk berhenti merokok sebelum melakukan proses operasi. 

Selama Pembesaran Payudara

Untuk memasukkan implan payudara, dokter bedah akan membuat sayatan di salah satu dari tiga titik berikut ini:

  • Di area bawah lengan.
  • Di sekitar puting payudara.
  • Di area lipatan bagian bawah payudara.

Setelah berhasil membuat sayatan, dokter bedah akan memisahkan antara jaringan payudara dari otot dan jaringan ikat. Tujuannya untuk menciptakan area di belakang atau di depan otot dada yang akan diisi dengan implan payudara. Implan silikon terkesan lebih efisien, karena sebelumnya sudah diisi dengan gel silikon.

Ketika implan sudah terpasang dengan benar, dokter bedah akan menutup sayatan dengan jahitan dan membalutnya dengan plester bedah. 

Setelah Membesarkan Payudara

Bekas operasi implan payudara seperti nyeri, memar, dan bengkak mungkin akan Anda rasakan selama beberapa minggu ke depan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena bekas luka akan segera memudar dari waktu ke waktu, tapi tidak hilang sepenuhnya.

Tetap ikuti instruksi dokter bedah setelah Anda kembali melakukan rutinitas. Hindari aktivitas berat yang dapat meningkatkan denyut nadi atau tekanan darah, setidaknya selama dua minggu. Hal ini sangat perlu dilakukan, karena setelah operasi di bagian payudara Anda akan peka terhadap kontak fisik atau gerakan yang berlebih.

Selama masa penyembuhan, Anda mungkin perlu mengenakan perban kompresi atau sport bra supaya dapat menyokong posisi tambahan dari implan payudara. Apabila rasa sakit dan nyeri masih sangat mengganggu dalam beberapa hari setelah operasi, timbul kemerahan, atau demam, mungkin Anda mengalami infeksi. Sebaiknya segera hubungi dokter untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut atau diresepkan obat penghilang rasa sakit. 

Risiko Membesarkan Payudara

Implan payudara sudah disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) dan sudah menjalani serangkaian pengujian. Namun, tetap saja ada risiko yang terkait dengan implan payudara, di antaranya:

  • Infeksi.
  • Operasi tambahan.
  • Nyeri di bagian payudara.
  • Perubahan sensasi pada puting payudara.
  • Kontraktur kapsular, yakni jaringan parut yang menekan implan payudara. 
  • Mengalami limfoma sel besar anaplastik yang merupakan kanker sistem kekebalan tubuh.

Bentuk dan volume payudara akan terus berubah walaupun Anda sudah melakukan pembesaran payudara, misalnya karena faktor penambahan dan penurunan berat badan dan rasa tidak puas dengan penampilan payudara pasca operasi yang memungkinkan Anda untuk melakukan lebih banyak operasi lanjutan. 

Silikon yang digunakan untuk kebutuhan implan payudara tentu berbeda dengan suntik silikon yang tidak disetujui FDA. Suntik silikon sangat tidak dianjurkan untuk pembesaran, pengencangan, dan rekonstruksi payudara, serta untuk pembentukan bagian tubuh apa pun.

FDA juga menjelaskan bahwa sebagian wanita yang pernah melakukan implan payudara berisiko mengalami masalah kesehatan di masa mendatang, seperti penyakit jaringan ikat, kesulitan memproduksi ASI, atau masalah reproduksi.

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

  • Rekomendasi dokter/rumah sakit
  • Buat janji dokter spesialis
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Cari paket medical check up

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?