Sedot Lemak

Daftar Isi

Sedot lemak atau liposuction merupakan tindakan bedah yang bertujuan untuk membuang lemak berlebih dalam tubuh. Sedot lemak  dilakukan jika seseorang memiliki lemak berlebih pada bagian tertentu, dengan berat badan yang cukup stabil. Bagian perut, pinggul, paha, bokong, lengan dan leher merupakan bagian tubuh yang biasanya dilakukan tindakan liposuction.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Siapa yang Membutuhkan Sedot Lemak?

Sedot lemak sebaiknya dilakukan oleh pasien dengan berat badan setidaknya 30% mendekati berat badan ideal dengan kondisi kulit yang masih kencang, elastis, dan bentuk otot yang baik. Dengan catatan, lemak yang akan disedot merupakan bagian yang sulit diubah dengan diet atau olahraga sekalipun. 

Pasien yang hendak menjalani sedot lemak harus dalam kondisi sehat dan tidak menderita penyakit kritikal yang mampu memperlambat penyembuhan, tidak merokok dan sudah memiliki keyakinan akan bentuk kontur tubuh yang ingin dicapai.

Teknik Sedot Lemak

Sedot lemak memiliki beberapa jenis teknik, yaitu:

Tumescent Liposuction

Tumescent liposuction merupakan teknik sedot lemak yang paling populer. Prosedur ini dilakukan dengan menyedotkan larutan garam dan epinefrin ke bawah kulit area yang akan disedot.  Metode ini biasanya dilakukan pada dagu, leher, lengan atas, perut bagian bawah, paha, pinggul, lutut, dan lain-lain.

Dry Liposuction

Dry Liposuction merupakan prosedur sedot lemak tanpa menyuntikkan cairan ke dalam tubuh. Teknik ini jarang digunakan karena memiliki risiko menimbulkan memar dan pendarahan.

Ultrasound-assisted Liposuction (UAL)

Ultrasound-assisted liposuction merupakan prosedur sedot lemak menggunakan ultrasound pada cannula yang akan mencairkan dinding sel lemak pada saat kontak terjadi. Teknik ini mempermudah penyedotan lemak karena telah mencairkan lemak sebelumnya. Meski demikian, metode ini memiliki risiko dapat mengakibatkan perdarahan dan kerusakan jaringan setelah tindakan.

Power-assisted Liposuction

Power-assisted liposuction merupakan prosedur sedot lemak dengan menggunakan cannula yang bergerak maju-mundur. Ujung dari cannula yang digunakan juga memiliki efek daya getar yang berfungsi menghancurkan lemak dengan lebih cepat dan lebih mudah, serta memungkinkan proses penyembuhan yang lebih cepat.

Laser Assisted Lipolysis (LAL)

Laser-assisted lipolysis (LAL) merupakan prosedur sedot lemak yang dibantu dengan laser pada bagian tertentu dan menggunakan cairan tumescent sebagai cairan anestesi. Prosedur ini merupakan prosedur yang lebih rumit karena perlu memasukkan tabung kecil melalui sayatan kecil. Kemudian, energi laser dan panas akan dihantarkan untuk menghancurkan lemak di bawah kulit. Dalam prosedur LAL, ahli bedah akan membiarkan sayatan tetap terbuka untuk jalur cairan dan darah berlebih keluar dari tubuh.

Penggunaan jenis teknik sedot lemak atau liposuction yang tepat sesuai dengan keluhan dan hasil yang diinginkan akan ditentukan berdasarkan hasil konsultasi dan rekomendasi yang telah dilakukan sebelum sedot lemak.

Tujuan Sedot Lemak

Perlu diketahui, sedot lemak atau liposuction bukan solusi untuk menurunkan berat badan secara ekstrim atau sebagai perawatan untuk obesitas. Liposuction hanya akan menambah estetika dan memperjelas kontur tubuh seseorang. Hasil dari liposuction bersifat permanen namun dengan catatan pasien harus tetap menjaga pola makan dan pola hidup yang sehat setelah tindakan.

Hasil dari liposuction akan berbeda-beda bagi setiap orang, bergantung kepada gaya hidup, pola makan, frekuensi olahraga, dan jadwal tidur. Sel lemak dalam tubuh akan bertambah besar dalam ukuran dan volume bersamaan dengan bertambahnya berat badan. Liposuction akan mengurangi jumlah dari sel lemak di daerah tubuh yang sulit dijangkau.

Meski secara garis besar liposuction dilakukan untuk tujuan estetika semata, dalam kasus tertentu prosedur liposuction juga dilakukan untuk beberapa kondisi kesehatan. Seperti lymphedema atau getah bening yang disebabkan oleh kelebihan cairan pada daerah tangan dan kaki, gynecomastia atau kelebihan lemak pada bagian dada laki-laki, dan lipodystrophy syndrome atau kondisi dimana sel lemak yang tidak terdistribusi dengan baik pada kedua sisi kanan dan kiri sisi tubuh. 

Estimasi Biaya Sedot Lemak

Estimasi biaya sedot lemak atau liposuction berbeda-beda, tergantung dari dokter yang menangani, teknik sedot lemak, dan rumah sakit yang dipilih.

Untuk menghitung estimasi biaya sedot lemak atau liposuction  di dalam atau di luar negeri, tanyakan pada Smarter Health.

Sebelum Sedot Lemak

Pasien yang hendak melakukan liposuction sebelumnya akan dianjurkan untuk melakukan tes riwayat kesehatan, tes kesehatan fisik, dan evaluasi fisiologis. Konsultasi dengan dokter juga perlu dilakukan pada sebelum tindakan liposuction. 

Selanjutnya, dokter akan memberikan beberapa rekomendasi untuk tindakan dan hasil akhir yang ingin dicapai. Sebelum melakukan operasi, pasien sebaiknya bertanya untuk mendapat penjelasan yang lengkap dari dokter terkait risiko, keuntungan, serta alternatif lain yang memungkinkan terkait prosedur liposuction. Satu hari sebelum operasi berlangsung, pasien akan diambil sampel urin dan darah untuk melihat adanya kemungkinan komplikasi.

Saat Sedot Lemak

Tindakan liposuction melibatkan penggunaan obat bius total maupun lokal. Prosedur sedot lemak biasanya berdurasi mulai dari satu sampai tiga jam. Prosedur ini menggunakan cannula, alat yang digunakan di sekitar area tindakan untuk memecahkan dan mencairkan lemak. Lemak yang telah cair kemudian akan disedot menggunakan pompa vakum khusus sedot lemak.

Prosedur sedot lemak bisa dilakukan di meja operasi ataupun berdiri tergantung pada penggunaan anestesi. Dengan anestesi lokal dan area tindakan yang kecil maka pasien akan diminta untuk berdiri untuk memastikan pengangkatan lemak dilakukan dengan tepat.

Sesudah Sedot Lemak

Sedot lemak atau liposuction termasuk dalam tindakan operasi ringan. Oleh karena itu, pasien yang menjalani sedot lemak sudah bisa kembali melakukan rutinitas beberapa hari setelah tindakan dilakukan. Namun, pemulihan secara total baru akan dapat dirasakan sekitar dua minggu setelahnya. Hasil dari sedot lemak juga tidak akan terlihat secara instan. Bentuk baru dari badan biasanya akan mulai terlihat setelah dua minggu pertama dan terus mengalami perkembangan sampai enam minggu setelah operasi.

Pasien akan dibekali dengan perban atau korset untuk mengurangi pembengkakan dan memar yang muncul di area tindakan. Perban juga berguna untuk mencegah pendarahan dan menjaga hasil sedot lemak. Dokter akan memberikan antibiotik setelah operasi dan obat anti nyeri untuk mengurangi inflamasi dan rasa sakit. Setelah operasi, pasien juga diharuskan melakukan rawat jalan untuk melepaskan jahitan pada area tindakan.

Risiko Sedot Lemak

Tingginya risiko dari tindakan liposuction akan bergantung pada ukuran area yang ditindak. Namun pada umumnya, tubuh pasien akan memar hingga beberapa minggu setelah operasi dan juga inflamasi yang menyebabkan pembengkakan sampai kurang lebih 6 bulan sampai akhirnya kembali pada bentuk yang diinginkan. Penggunaan cannula sebagai alat sedot lemak juga dapat menyebabkan kulit terbakar karena gesekan yang terjadi antara cannula dengan kulit.

Dalam beberapa kasus tertentu, sedot lemak akan menghadirkan risiko yang cukup ekstrim seperti masalah pada ginjal dan jantung karena berubahnya kadar cairan dalam tubuh. Kondisi ini dikenal dengan nama Pulmonary Embolism. Kondisi ini merupakan penyumbatan yang disebabkan oleh zat berpindah melalui pembuluh darah ke arteri paru-paru. Pulmonary Embolism memiliki gejala sesak napas, nyeri dada dan batuk darah.Jika pasien mengalami PE, maka tidak menutup kemungkinan bahwa pasien juga akan mengalami Pulmonary Edema yaitu sesak napas yang disebabkan oleh adanya cairan yang terkumpul dalam kantong udara yang terdapat di dalam paru-paru.

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

  • Rekomendasi dokter/rumah sakit
  • Buat janji dokter spesialis
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Cari paket medical check up

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?