Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Musim hujan sudah tiba menjelang akhir tahun. Untuk menjaga kesehatan di musim hujan, penting bagi Anda untuk menerapkan pola hidup sehat dan melakukan hal-hal yang diperlukan untuk menjaga kesehatan Anda. 

Di artikel kali ini, Smarter Health akan membagikan beberapa tips yang sudah dirangkum dari berbagai sumber. Anda bisa mencoba tips ini untuk menjaga kesehatan di musim hujan.

Apabila Anda memiliki masalah kesehatan selama musim hujan, jangan ragu untuk melakukan konsultasi dengan dokter umum atau spesialis melalui Smarter Health. 

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Meskipun musim hujan terasa sejuk, sayangnya mereka berisiko mendatangkan beberapa masalah kesehatan, seperti pilek, flu, kolera, demam berdarah, dan infeksi akibat makanan. Berikut ini tips menjaga kesehatan di musim hujan yang bisa Anda coba:

1. Jangan Kehujanan 

Sakit pilek bisa semakin parah saat Anda terguyur hujan. Sebuah penelitian menunjukkan hasil bahwa tubuh yang menggigil, terutama bagian kaki, bisa menyebabkan munculnya gejala pilek pada seseorang yang rentan terkena virus flu. 

Sebuah teori mengatakan bahwa dalam upaya untuk menjaga kehangatan tubuh, biasanya tubuh membatasi aliran darah ke ekstremitas, termasuk hidung. Ini menyebabkan hidung pilek. Sebab itu, jangan sampai kehujanan agar Anda tidak sakit pilek. 

2. Mengonsumsi Vitamin C Untuk Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Vitamin C dalam bentuk alami atau suplemen makanan dapat membantu mempercepat pemulihan dari virus flu. Meskipun khasiatnya masih diperdebatkan di oleh para dokter, tapi vitamin C yang sehat tidak pernah berdampak buruk, karena membantu mendukung antibodi Anda dan mengurangi keparahan flu. 

Cobalah memasukkan paprika merah dan hijau, pepaya, dan nanas yang merupakan sumber vitamin C ke dalam menu makanan harian Anda.

3. Mandi Air Hangat

Setelah kehujanan, Anda akan secara perlahan akan menaikkan suhu tubuh sekaligus menyingkirkan kuman dan melindungi Anda dari banyak infeksi. Cobalah rendam kaki Anda di air hangat dan rasakan khasiatnya.

4. Mengonsumsi Hidangan yang Hangat 

Di musim hujan, Anda mungkin lebih suka minum minuman hangat karena udara sejuk. Anda bisa mencoba teh hijau atau cokelat panas. Semangkuk sup panas juga bisa menjadi pilihan. Mengonsumsi makanan dan minuman hangat di musim dingin dapat mencegah Anda dari masuk angin atau terpapar infeksi lain karena perubahan suhu tubuh secara tiba-tiba.

5. Menjaga Kebersihan Untuk Kesehatan di Musim Hujan

Di musim hujan, orang cenderung beraktivitas di dalam rumah dan menutup jendela agar tetap hangat. Meskipun nyaman, penting untuk dicatat bahwa kuman lebih mungkin menyebar, sehingga menjaga kebersihan adalah kunci utamanya. Jaga lingkungan Anda tetap bersih dan tersanitasi. Meskipun Anda masuk angin, tetap jaga kebersihan tangan dengan mencucinya secara teratur atau gunakan hand sanitizer

6. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Minum lebih sedikit air adalah hal yang normal karena Anda tidak terlalu haus di suhu dingin. Namun, jangan menunggu untuk merasa haus sebelum meminum air, bisa jadi Anda mengalami dehidrasi. Jaga hidrasi tubuh bahkan dalam suhu yang rendah untuk membantu mengeluarkan racun dari tubuh Anda.

7. Perbanyak Makanan Rumahan

Menjaga kesehatan di musim hujan bisa dilakukan dengan memenuhi kebutuhan nutrisi dan menghindari jajanan selama musim hujan. Sebaiknya perbanyak makanan rumahan dan pertahankan standar higienis yang tinggi di dapur. 

8. Gunakan Pengusir Nyamuk

Serangga tumbuh dengan cepat selama musim hujan dan ini berisiko menyebabkan masalah kesehatan. Memiliki pengusir nyamuk adalah suatu keharusan selama musim hujan bersama dengan beberapa tambahan lainnya, seperti penyegar ruangan, deterjen, dan parfum.

9. Hindari Makanan Pedas

Jika Anda mendambakan makanan pedas, musim hujan adalah waktu di mana Anda perlu membatasi diri untuk tidak memakannya. Ini adalah saat di mana Anda mungkin mengalami alergi dan iritasi kulit karena makanan semacam itu. Sebagai gantinya, Anda bisa memasukkan sup sehat dan makanan hangat dengan rasa pedas rendah atau sedang.

10. Membawa Payung dan Jas Hujan 

Kapan pun Anda pergi keluar, usahakan membawa payung, jas hujan, atau keduanya selama musim hujan. Menjaga diri Anda tetap kering, segar, dan bersih adalah cara terbaik untuk menghindari penyakit seperti pilek, batuk, flu dan demam.

Menjaga Kesehatan dengan Makanan Sehat di Musim Hujan

Kondisi tidak higienis yang terjadi selama musim hujan dapat memicu sistem kekebalan kita. Untuk melindungi diri dari risiko penyakit di musim hujan, perhatikan pola makan Anda. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan di musim hujan:

1. Buah dan Sayuran Untuk Menjaga Kesehatan di Musim Hujan 

Pertahankan tingkat energi yang baik sepanjang hari dengan mengonsumsi buah-buahan, seperti apel, pir, atau delima. Irisan mentimun akan membantu Anda dengan kandungan zat besi dan fosfor yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Hindari risiko infeksi dengan memasukkan pare dan fenugreek (kelabat) ke dalam menu makanan harian Anda. Selain itu, praktikkan cara mengolah makanan yang baik, seperti mencuci tangan dan sayuran dengan benar sebelum memasak.

2. Bawang Putih & Kunyit

Bawang putih bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh dan metabolisme Anda dengan baik. Cukup tambahkan bawang putih ke dalam sup atau kari biasa. 

Karena kunyit adalah sumber antibiotik alami, Anda dapat melindungi diri dari penyakit di musim utama, seperti pilek dan batuk dengan minum susu kunyit.

3. Diet Rendah Sodium Penting Untuk Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Perhatikan asupan garam harian Anda, karena garam menahan air di dalam tubuh dan berkontribusi pada tekanan darah. Ini menjadi hal penting bagi penderita penyakit jantung.

Diet rendah sodium berarti menghindari junk food, keripik asin, mentega asin, keju, acar, makanan kemasan, dan sebagainya. Sebaliknya, perbanyak konsumsi sayuran segar dan beku, kentang panggang, ubi jalar, kacang-kacangan, yogurt tawar, dan sumber makanan lainnya.

4. Mengonsumsi Makanan Ringan

Sistem pencernaan manusia lebih lemah saat musim hujan, maka dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mudah dicerna. Buah-buahan, sayuran berdaun hijau yang dicuci dengan benar, kacang-kacangan, dan nasi adalah pilihan yang tepat. 

Penggunaan minyak zaitun, ghee (clarified butter), atau minyak bunga matahari terbukti bermanfaat bagi kesehatan sistem pencernaan Anda.

5. Mengonsumsi Makanan Kering

Nikmati hujan dengan jagung (makka) dan makanan kering serupa seperti buncis atau gandum. Mengonsumsi makanan kering di musim hujan dapat membantu menghindari pembengkakan atau kembung pada tubuh yang disebabkan oleh makanan berair seperti semangka, melon, atau lassi (minuman yogurt dingin).

Itu dia beberapa tips menjaga kesehatan di musim hujan dan terhindar dari risiko penyakit seperti pilek, flu, batuk, dan demam. Jika punya pertanyaan lebih lanjut, hubungi dokter umum atau spesialis melalui Smarter Health.

Smarter Health siap membantu Anda dalam mencari rekomendasi rumah sakit dan dokter, membuat janji konsultasi dengan dokter, melakukan telekonsultasi, dan menghitung estimasi biaya berobat di dalam dan luar negeri.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?