Tips Minum Kopi yang Baik untuk Kesehatan

Tips Minum Kopi yang Baik untuk Kesehatan

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Minum kopi sudah menjadi kebutuhan atau gaya hidup seseorang. Itulah mengapa kopi termasuk salah satu minuman paling populer di dunia. Banyak ahli kesehatan percaya bahwa kopi memiliki khasiat bagi kesehatan. Namun, kopi juga memiliki risiko efek samping yang bisa berdampak pada jenis penyakit, seperti gangguan kecemasan, rusaknya jam tidur, diabetes, hingga penyakit jantung. Jika Anda pecinta kopi, berikut ini Smarter Health bagikan beberapa tips minum kopi agar lebih sehat dari berbagai sumber terkemuka. 

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

1. Hindari Minum Kopi di Sore Hari

Kopi adalah salah satu sumber kafein alami terkaya. Kafein adalah stimulan yang merupakan salah satu alasan utama mengapa kopi sangat populer. Kafein seakan memberi dorongan energi dan membantu Anda tetap terjaga saat Anda merasa lelah. Namun, jika Anda minum kopi di sore hari bisa mengganggu jam tidur Anda yang nantinya berdampak pada masalah kesehatan.

Oleh karena itu, penting untuk tidak minum kopi di sore hari. Jika Anda harus minum kopi, pilih kopi tanpa kafein atau pilih secangkir teh yang mengandung kafein jauh lebih sedikit daripada kopi.

Tidak minum kopi setelah pukul 2 atau 3 sore adalah pilihan yang bagus. Meskipun demikian, tidak semua orang sama sensitifnya terhadap kafein dan beberapa orang mungkin tidur nyenyak meskipun mereka minum kopi di sore hari. 

2. Ganti dengan Gula Rendah Kalori 

Meskipun kopi menyehatkan, Anda dapat dengan mudah mengubahnya menjadi sesuatu yang berbahaya. Cara terbaik untuk menjaga khasiat kopi adalah dengan tidak mencampurkan banyak gula ke dalamnya. Gula yang mengandung fruktosa tinggi ini kerap terkait dengan semua jenis penyakit serius seperti obesitas dan diabetes.

Jika Anda tidak bisa minum kopi tanpa pemanis, gunakan pemanis alami seperti stevia, yaitu pemanis rendah kalori. Ada banyak cara untuk mengurangi asupan gula demi mencegah penyakit serius. 

3. Pilih Biji Kopi Organik

Kualitas kopi sangat bervariasi, tergantung metode pengolahan dan bagaimana proses penanaman biji kopi. Biji kopi cenderung menerima kandungan semprotan pestisida sintetis dan bahan kimia lain yang tidak baik untuk konsumsi manusia. Namun, efek kesehatan dari pestisida dalam makanan masih kontroversial. 

Jika Anda khawatir dengan kandungan pestisida pada kopi Anda, pertimbangkan untuk membeli biji kopi organik karena mengandung jumlah pestisida sintetis yang jauh lebih rendah.

4. Hindari Minum Terlalu Banyak

Minum kopi dalam jumlah sedang memang sehat, tapi minum terlalu banyak dapat mengurangi manfaatnya secara keseluruhan. Asupan kafein yang berlebihan mungkin memberikan efek samping yang merugikan, meskipun sensitivitas orang berbeda-beda.

Secara umum, Health Canada merekomendasikan untuk tidak melebihi sekitar 2,5 mg per kg berat badan setiap harinya. Secangkir kopi rata-rata mengandung sekitar 95 mg kafein, ini setara dengan sekitar dua cangkir kopi per hari untuk seseorang dengan berat 80 kg. 

Namun, jumlah kafein yang jauh lebih tinggi yakni sekitar 4 sampai 6 cangkir tidak terkait dengan efek samping yang merugikan pada kebanyakan orang. 

5. Menambahkan Kayu Manis

Kayu manis adalah bumbu lezat yang bercampur dengan baik dengan rasa kopi. Studi menunjukkan bahwa kayu manis dapat menurunkan glukosa darah, kolesterol, dan trigliserida pada penderita diabetes.

Jika Anda membutuhkan rasa pada secangkir kopi, coba tambahkan sejumput kayu manis. Menambahkan kayu manis adalah salah satu tips minum kopi sehat. Untuk menurunkan potensi risiko efek samping, pilihlah kayu manis Ceylon daripada kayu manis Cassia yang lebih umum jika memungkinkan.

6. Hindari Low-Fat dan Krim Buatan

Krim komersial rendah lemak (low-fat) dan buatan cenderung mengandung bahan-bahan yang meragukan bagi kesehatan tubuh. Namun, hal ini telah pada proses penelitian lebih lanjut tentang efek kesehatan dari krim kopi non-susu. Isinya bervariasi tergantung merek dan beberapa mungkin lebih sehat daripada yang lain.

Makanan alami utuh umumnya merupakan pilihan yang lebih baik. Daripada krim non-susu, pertimbangkan untuk menambahkan full-fat cream ke kopi Anda, sebaiknya yang terbuat dari sapi yang diberi makan rumput.

Studi menunjukkan bahwa produk susu mengandung beberapa nutrisi penting. Produk susu adalah sumber kalsium yang sangat baik dan dapat mengurangi risiko osteoporosis dan patah tulang. Selain itu, susu sapi yang diberi makan rumput mengandung vitamin K yang juga dapat meningkatkan kesehatan tulang.

7. Tambahkan Bubuk Cacao 

Cacao kaya akan serat dengan antioksidan dan kerap dikaitkan dengan semua jenis manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko penyakit jantung. Coba tambahkan sedikit bubuk cacao sebagai tips minum kopi sehat. Bubuk cacao juga dapat menambah cita rasa kopi itu sendiri. Anda dapat dengan mudah membuatnya sendiri di rumah dan tidak perlu menambahkan gula.

8. Seduh Kopi Menggunakan Paper Filter

Kopi yang diseduh mengandung cafestol yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Anda bisa mengurangi cafestol dengan menggunakan paper filter atau penyaring kertas. Menyeduh kopi dengan paper filter secara efektif menurunkan jumlah cafestol, tetapi membiarkan kafein dan antioksidan bermanfaat melewati saringannya.

9. Jangan Minum Kopi saat Perut Kosong

Minum kopi saat perut kosong merupakan kebiasaan tidak sehat yang dapat menimbulkan berbagai risiko kesehatan, seperti lapisan perut yang rusak dan kecemasan yang meningkat. 

Untungnya, Anda dapat mencegah potensi risiko ini dengan memastikan untuk sarapan sebelum menikmati secangkir teh atau kopi di pagi hari. Penting untuk tidak minum kopi secara berlebihan sepanjang hari dan hindari minum kopi di sore hari agar jadwal tidur Anda tidak terganggu. 

10. Pilih Kopi Hitam

Kopi hitam, termasuk espresso, memiliki kurang dari 10 kalori per 8 ons cangkir. Jika Anda ingin mengurangi kalori dan menjaga kopi Anda tetap sehat, pertimbangkan untuk memesan minuman biasa tanpa bahan tambahan. Kopi hitam mungkin terasa pahit, tetapi seiring waktu selera Anda akan beradaptasi dengan rasa yang strong

11. Cobalah Sparkling Coffee 

Mencari pengganti diet soda Anda? Cobalah sparkling coffee atau kopi bersoda. Kini kopi melibatkan pencampuran minuman dingin dengan bahan-bahan alami, seperti madu jus lemon Meyer. Mereka dipasarkan sebagai minuman energi yang lebih sehat, dengan formulasi yang mengandung elektrolit, antioksidan, dan lebih sedikit kafein dibandingkan kopi murni.

12. Hindari Penambahan Sirup

Anda mungkin berpikir bahwa sirup vanila tanpa lemak dan bebas gula adalah pilihan yang sehat, tetapi rendah kalori tidak selalu bermanfaat bagi kesehatan. Sebaiknya hentikan penggunaan pemanis sepenuhnya jika memungkinkan. 

Anda bisa menggantinya dengan krim organik atau buat susu alternatif dari gandum atau kacang-kacangan. Krim biasanya memiliki perasa buatan, pemanis, dan bahan tambahan lainnya. Jadi, sebaiknya Anda menggunakan susu atau krim organik.

Ikuti tips minum kopi di atas untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Jika punya pertanyaan lebih lanjut, hubungi dokter umum atau spesialis melalui Smarter Health.

Smarter Health siap membantu Anda dalam mencari rekomendasi rumah sakit dan dokter, membuat janji konsultasi dengan dokter, melakukan telekonsultasi, dan menghitung estimasi biaya berobat di dalam dan luar negeri.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?