Tips Tetap Aman dan Sehat saat Tahun Baru Imlek 2021

Tips Tetap Aman dan Sehat saat Tahun Baru Imlek 2021

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Ditinjau oleh: dr. Qanissa Afianti Razzqy
Publish tanggal: Feb 11, 2021
Update terakhir: Feb 11, 2021

Tahun Baru Imlek akan dimulai pada 12 Februari 2021. Tradisi mengunjungi rumah keluarga, makan besar, dan beragam festival Imlek sayang untuk dilewatkan. Namun, perayaan Imlek di tengah pandemi COVID-19 tentu mengkhawatirkan. Guna meminimalisir risiko peningkatan infeksi di komunitas besar, Anda dan keluarga harus mentaati protokol kesehatan yang berlaku di daerah masing-masing. 

Di bawah ini kami bagikan tips aman dan sehat saat Tahun Baru Imlek 2021. Hubungi dokter umum atau spesialis di dalam dan luar negeri melalui Smarter Health jika memiliki pertanyaan lebih lanjut. 

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Tips Sehat di Tahun Baru Imlek 2021

Perayaan Tahun Baru Imlek 2021 mungkin membuat berat badan Anda bertambah. Bagaimanapun juga, hari libur dan pesta besar-besaran tidak lengkap jika tidak ada acara maka-makan. 

Guna menjaga kesehatan selama Tahun Baru Imlek, ada beberapa tips sederhana yang bisa Anda terapkan untuk membantu Anda tetap bugar selama perayaan. Selain itu, masa pandemi COVID-19 membuat Anda harus menjaga kesehatan ekstra agar terhindar dari paparan virus corona. 

Mari simak tips sehat di Tahun Baru Imlek 2021 berikut ini. 

1. Olahraga saat Anda Pergi Berkunjung

Jadikan aktivitas kunjungan ke rumah keluarga sebagai kesempatan untuk berolahraga. Rencanakan rute Anda dengan keluarga atau teman terlebih dahulu, sehingga semua orang dapat berjalan kaki sebentar ke destinasi selanjutnya dan mendapatkan manfaat dari aktif bergerak.

Jika memungkinkan, gunakan tangga untuk naik-turun setiap lantai daripada menggunakan lift. Dengan begitu, Anda lebih aktif bergerak dan kesehatan tubuh secara keseluruhan lebih mudah tercapai di Tahun Baru Imlek. 

2. Menjaga Pola Makan Sehat

Ada banyak hidangan menggiurkan saat Imlek, tapi pastikan Anda tetap menjaga pola makan sehat. Dengan makan makanan yang benar akan membantu Anda lebih disiplin saat menghadapi godaan kue nastar atau roti gulung. 

Menikmati camilan berkalori tinggi saat Tahun Baru Imlek akan menyebabkan Anda ketagihan dan mengonsumsi terlalu banyak. Menahan godaan lapar memang tidak mudah, tapi Anda pasti bisa melakukannya. 

3. Kurangi Minuman Bersoda dan Beralkohol

Jika bisa, mintalah minuman dengan kandungan gula yang lebih rendah atau minuman sehat. Hindari pula minuman ringan dan minuman beralkohol. Sebuah fakta menunjukkan bahwa satu kaleng minuman bersoda atau minuman beralkohol mengandung sekitar 80 hingga 150 kalori yang setara dengan setengah mangkuk nasi. 

Daripada kembung karena minuman tidak sehat, lebih baik alihkan rasa lapar Anda untuk mengonsumsi makanan sehat yang tersedia saat Tahun Baru Imlek di rumah keluarga. 

4. Membuat Batasan Jumlah Makanan

Semua orang berhak mendapatkan kesenangan saat Tahun Baru Imlek. Namun, ingat untuk tetap mempertahankan pola makan sehat. Anda dapat menetapkan batas jumlah kue nastar yang ingin Anda makan per hari. Anda juga bisa membuat pilihan alternatif camilan sehat, seperti jeruk mandarin atau kacang-kacangan. 

Selain itu, Anda juga bisa mengunduh aplikasi yang tersedia untuk melacak kalori dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi saat Tahun Baru Imlek. Tujuannya untuk menetapkan batasan Anda makan hari itu. 

5. Makan dengan Pelan

Terapkan keterampilan yang melibatkan seni kuni untuk mengatur aliran beras dengan memastikan selalu ada makanan di atas piring. Ini dilakukan agar Anda tidak tergoda untuk mengonsumsi banyak makanan dan minuman sekaligus dan tanpa jeda. 

Minum minuman Anda secara perlahan sambil mengobrol santai dengan keluarga Anda. Ini akan membantu menjaga kecepatan makan Anda tetap lambat. Saat ada yang menawarkan makanan, tunjukkan piring Anda dan tolak dengan sopan. Jika tetap dipaksa dan Anda merasa tidak enak hati, bangun dan permisi sebentar ke kamar kecil. 

6. Konsisten

Pada akhirnya, tetap konsisten menjalani gaya hidup sehat dalam acara perayaan Tahun Baru Imlek bersama keluarga tergantung pada niat Anda dengan makan secukupnya, makan 2 + 2 (dua porsi buah-buahan dan dua porsi sayuran) setiap hari, serta tetap aktif bergerak selama dan setelah Tahun Baru Imlek. 

Tetap Aman Selama Perayaan Tahun Baru Imlek 2021

Selama periode perayaan Tahun Baru Imlek, risiko penularan COVID-19 lebih tinggi, karena interaksi di dalam suatu komunitas meningkat. Menjelang Tahun Baru Imlek, ingatlah hal-hal berikut ini:

Saat Makan di Luar

  • Selalu kenakan masker jika Anda tidak makan atau minum, termasuk saat melempar yusheng.
  • Hindari meninggikan suara, karena Lo hei harus dilakukan tanpa mengucapkan frasa keberuntungan yang biasa.
  • Usahakan tidak memesan lebih dari satu meja makan, kecuali jika Anda berasal dari keluarga yang sama. Namun demikian, tidak boleh ada perpindahan antar meja.

Jika Melakukan Kunjungan ke Rumah Keluarga

  • Batasi kunjungan Anda ke keluarga dan tidak lebih dari 2 rumah tangga per hari.
  • Jika tidak, terhubunglah secara digital dengan keluarga dan teman Anda.

Dengan menerapkan langkah-langkah ini akan membantu menghindari penyebaran virus penyebab COVID-19 di dalam kelompok besar yang mungkin memerlukan tindakan pengetatan aturan lebih lanjut. 

Ramalan Kesehatan di Tahun Kerbau

Tahun Baru Imlek akan dimulai pada 12 Februari 2021 dan akan berlangsung hingga 31 Januari 2022. Kerbau adalah yang kedua dari dua belas zodiak: Tikus, Kerbau, Harimau, Kelinci, Naga, Ular, Kuda, Kambing, Monyet, Ayam Jago, Anjing, dan Babi. 

Tahun Kerbau Logam 2021 akan terjadi tepat setelah Tahun Tikus Logam 2020 dan sebelum Tahun Macan Air 2022. 

Dilansir dalam situ thechinesezodiac.org, ada beberapa ramalan kesehatan di tahun Kerbau. Shio Macan dan Monyet tidak akan menghadapi masalah kesehatan yang serius di tahun ini. Bahkan jika mereka sakit pilek atau menghadapi masalah kecil, mereka akan mampu menyelesaikannya secepat mungkin. Selain itu, kondisi yang sudah terjadi sebelumnya akan menunjukkan peningkatan besar.

Orang dengan shio Naga akan sangat gelisah. Itulah sebabnya mereka mungkin kelelahan berkali-kali sepanjang tahun 2021. Ada kemungkinan mereka terjangkit kondisi kesehatan yang buruk, sehingga mereka harus sangat berhati-hati. Jam ekstra di atas jadwal kerja dan malam tanpa tidur bisa menjadi beberapa penyebab utama.

Tetap jaga kesehatan Anda selama masa pandemi COVID-19 dengan menerapkan kebiasaan sehat dan mentaati protokol kesehatan, seperti memakai masker saat bepergian, menjaga jarak 6 kaki atau 2 meter saat berada di keramaian jika memungkinkan, dan mencuci tangan sampai bersih dengan sabun dan air atau gunakan hand sanitizer yang setidaknya mengandung 60% alkohol. 

Rayakan Tahun Baru Imlek 2021 dengan aman. Hubungi dokter umum atau spesialis di dalam dan luar negeri melalui Smarter Health jika Anda memiliki gejala penyakit.  

Smarter Health memungkinkan Anda untuk mengakses layanan kesehatan kapan pun Anda membutuhkannya, karena menyediakan layanan telekonsultasi, konsultasi offline, membantu mencari rekomendasi rumah sakit, mencari dokter spesialis, dan menghitung estimasi biaya pengobatan di dalam dan luar negeri. 

Singapore Government (2021). Safe management measures and Chinese New Year.
Health Hub (2020). How to Survive Chinese New Year Feasts.
The Chinese Zodiac (2021). Chinese Horoscope 2021 – Year of the Metal Ox

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?