Apa itu Trigger Finger?

Trigger Finger: Segala Hal yang Perlu Anda Ketahui

Sebarkan info ini:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Apakah Anda bangun tidur dengan jari yang terasa kaku setiap hari, atau Anda kesulitan menekuk atau meluruskan jari? Mungkin itu trigger finger.

Trigger finger (jari pelatuk) adalah salah satu penyebab paling umum dari nyeri tangan yang dirasakan orang dewasa. Kondisi ini dapat membatasi gerakan jari dan membuat Anda kesulitan meluruskan atau menekuknya.

Dr Aaron Gan akan memberitahu lebih lanjut tentang trigger finger.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Apa itu trigger finger?

Apa itu Trigger Finger?

Trigger finger, juga dikenal sebagai stenosing tenosynovitis, adalah sebuah kondisi ketika Anda merasakan nyeri dan bengkak pada pangkal jari. Semua jari dan lebih dari satu jari bisa terkena kondisi ini. Ketika Anda meregangkan jari dari posisi awal yang terkepal, maka jari yang terkena sindrom ini akan tersentak, berderik, atau berbunyi — mirip seperti bunyi senapan sebelum ditembakkan (trigger). Inilah mengapa sindrom ini dinamakan trigger finger.

Jaringan yang terlibat dalam gerakan melipat dan meluruskan jari pada tangan dan lengan termasuk:

  • Tendon, jaringan ikat fibrosa yang menghubungkan otot dengan tulang.
  • Pulley, ligamen yang menahan tendon tetap berada di tempat yang benar pada tulang.

Tendon dibungkus oleh jaringan bernama sinovium, membran pelumas yang mengelilingi sendi kita, memungkinkan tendon untuk meluncur bebas. Trigger finger terjadi ketika peradangan mempersempit jarak antara jaringan pembungkus pada tendon fleksor yang menghubungkan otot lengan atas dengan tulang pada jari yang terkena sindrom ini.

Peradangan sangat sering terjadi pada area A1 pulley, terletak di pangkal dari setiap ruas jari di telapak tangan. Hal ini disebabkan oleh pembengkakan sinovium tendon fleksor, yang mungkin terasa seperti nodul atau gundukan kecil. Ketika jari yang terkena sindrom semakin bertambah, pulley yang semakin membengkak akan terperangkap pada nodul karena tendon yang mencoba meluncur di antara tisu pembungkus. Nodul tersebut terjebak, menyebabkan jari terkunci pada posisi tertekuk. Saat tekanan yang lebih besar diberikan untuk meluruskan jari, nodul tersebut akan meletus di sepanjang pulley, menyebabkan rasa terpelatuk ini (trigger). Pada kasus-kasus ketika tendon membengkak dan penyempitan jaringan pembungkus semakin parah, Anda mungkin tidak akan bisa meregangkan jari yang terkena secara penuh.

Apa saja gejala trigger finger?

Gejala awal yang muncul mungkin sangat ringan dan akan semakin parah seiring berjalannya waktu. Trigger finger sering terjadi di pagi hari, ketika Anda memegang sesuatu atau meluruskan jari.

Gejala-gejala tersebut adalah:

  • Jari terasa kaku, terutama di pagi hari.
  • Jari terkunci dalam posisi tertekuk tiba-tiba berdiri lurus.
  • Jari terkunci dalam posisi tertekuk dan tidak dapat diluruskan.
  • Rasa sakit atau benjolan pada telapak tangan di area pangkal jari yang terkena.
  • Sensasi “klik” atau sentakan yang menyakitkan ketika Anda menekuk atau meluruskan jari.

Siapa yang paling rentan terhadap trigger finger dan mengapa?

Trigger finger erat dikaitkan dengan usia dan kondisi medis yang ada seperti: 

Namun, penyebab dari sebagian kasus trigger finger tidak diketahui. Jari-jari yang terlalu sering digunakan secara konstan dan berulang dipercaya sebagai penyebab akumulatif dari kerusakan yang terjadi pada titik temu tendon fleksor dan A1 pulley. 

Seiring berjalannya waktu, hal ini dapat menyebabkan pembengkakan dan peradangan tendon fleksor dan menjadi awal perkembangan trigger finger.

Kapan saya harus menemui dokter?

Anda tidak boleh menunda pertolongan medis jika sendi-sendi jari terasa panas dan meradang, karena hal ini mungkin mengindikasikan adanya infeksi. Menunda perawatan ketika gejala-gejala di atas muncul hanya akan menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang terus menerus.

Bagaimana cara mendiagnosis trigger finger?

Dokter spesialis bedah umum akan terlebih dahulu menanyakan rekam medis lengkap Anda sebelum melakukan pemeriksaan klinis terhadap tangan Anda. Tingkat keparahan trigger finger dan kondisi Anda mungkin digolongkan oleh dokter bedah menjadi beberapa tingkatan berikut:

Tingkat IDitemukan bukti peradangan pada area A1 pulley pada jari yang terkena, namun tidak ada trigger yang dapat ditunjukkan.
Tingkat IIDitemukan bukti peradangan pada area A1 pulley pada jari yang terkena dengan triggering yang dapat ditunjukkan ketika pasien diminta untuk meregangkan jari dari posisi tertekuk.
Tingkat III AObservasi yang sama dengan tingkat II, namun dengan tambahan pasien tidak dapat meregangkan secara penuh jari yang terkena secara aktif, karena jari tersebut terkunci dalam posisi tertekuk. Jari hanya dapat diluruskan dengan bantuan tangan yang lain.
Tingkat III BPasien tidak dapat sepenuhnya meregangkan jari yang terkena karena peradangan parah pada area A1 pulley.
Tingkat IVTerdapat deformitas fleksi tetap pada sendi interphalangeal proksimal disebabkan oleh peradangan yang sudah berlangsung lama.

Bagaimana cara penanganan trigger finger?

Ada 3 cara untuk menangani trigger finger:

  1. Perawatan non-bedah dan non-invasif 
    Cara ini melibatkan pengobatan anti peradangan oral nonsteroidal yang dikombinasikan dengan terapi tangan, belat, dan modifikasi aktivitas. Secara umum, hal ini direkomendasikan hanya pada pasien yang menderita trigger finger untuk pertama kali atau pasien tingkat I atau tingkat II awal.
  2. Metode non-bedah dan invasif
    Cara ini melibatkan injeksi langsung pada jaringan pembungkus tendon fleksor. Injeksi tersebut mengandung campuran agen anestesi lokal (mematikan rasa) dan persiapan kortikosteroid.  Ini akan meredakan peradangan pada daerah A1 pulley dan melegakan trigger finger. Efek ini mungkin akan berlangsung lama, mungkin juga tidak, dan selalu ada kemungkinan kambuh. Injeksi berulang tidak boleh dilakukan. 

    Dokter bedah tangan hanya boleh melakukan maksimal 2 kali injeksi pada jari yang terkena, kecuali jari kelingking yang tidak boleh diinjeksi lebih dari 1 kali. Dipercaya bahwa kortikosteroid dapat melemahkan tendon dan bisa berujung pada ruptur (sobekan) tendon atraumatik jika dilakukan injeksi berulang. Perawatan ini direkomendasikan jika perawatan non-invasif tidak berhasil, serta untuk pasien tingkat II atau tingkat III.
  3. Intervensi bedah
    Tindakan ini melibatkan pelepasan A1 pulley, pre-annular pulley, bahkan bagian dari A2 pulley, bila perlu juga dilakukan insisi kulit ringan pada pangkal jari yang terkena. 

    Trigger finger jarang terjadi setelah operasi. Bagi pasien tingkat IV, dokter bedah mungkin melakukan prosedur tambahan untuk melepaskan sendi interphalangeal proksimal, sendi engsel antara tulang digiti jari yang memberikan fleksi terhadap telapak tangan, yang terkunci karena kekakuan jangka panjang. Insisi terpisah pada sendi interphalangeal proksimal juga diperlukan untuk prosedur ini.

Spesialis apa yang harus saya temui?

Solusi terbaik adalah menemui dokter spesialis bedah tangan yang berpengalaman dalam menangani kondisi jari, tangan, dan pergelangan tangan secara khusus. Dokter bedah tangan juga memiliki peralatan lengkap, keahlian, dan pengetahuan untuk menangani semua tingkatan trigger finger. 

Pusat bedah tangan juga memiliki terapis tangan yang bisa memberikan terapi pada tangan serta belat khusus, seperti belat berbentuk angka 8 yang digunakan untuk perawatan trigger finger tingkat awal. 

Dokter bedah tangan juga telah terlatih untuk memberikan injeksi jaringan fleksor intratekal secara akurat untuk memaksimalkan kemungkinan sembuh dan meminimalisir kemungkinan kambuh. 

Jika diperlukan pembedahan, dokter bedah tangan akan melakukan operasi yang sangat teliti untuk menyembuhkan trigger yang dialami. Insisi kulit dibuat pada garis lipatan alami agar menghasilkan luka operasi yang nyaris tidak terlihat.


Penulis: Dr Aaron Gan, dokter spesialis bedah tangan di Singapura. Diterjemahkan dari artikel Trigger Finger: All You Need to Know.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Dokter Bedah Tangan

Mount Elizabeth Novena Hospital

Lihat Profil

Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

  • Rekomendasi dokter/rumah sakit
  • Buat janji dokter spesialis
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Cari paket medical check up

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Kirim Pesan WhatsApp
1
Kirim Pesan WhatsApp
Cari rekomendasi dokter, cek jadwal atau estimasi biaya? Hubungi kami via WhatsApp berikut!
Powered by