Wawancara Dengan Dr Lim Choon Pin Tentang Gagal Jantung

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Apa itu gagal jantung?

Gagal jantung adalah sebuah kondisi ketika jantung tidak memompa darah secara efisien. Sebagai akibatnya, organ vital tubuh seperti otak, ginjal, atau liver tidak menerima nutrisi dan oksigen yang cukup. Penyebab umumnya termasuk penyakit arteri koroner (arteri jantung tersumbat), masalah ritme jantung, masalah katup jantung, atau lubang jantung yang bisa menimbulkan gagal jantung.

Apa tanda dan gejala umum dari gagal jantung?

Gejala yang paling umum dialami adalah napas pendek-pendek (dyspnea), ketika Anda menguras tenaga atau ketika berbaring, kelelahan dan merasa lemas, pembengkakan (edema) pada kaki. Anda juga bisa mengalami kembung dan nafsu makan menurun.

Gejala yang lebih serius seperti napas pendek-pendek yang parah bahkan ketika beristirahat dan batuk yang mengeluarkan dahak berwarna pink dan berbusa.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Apa saja jenis gagal jantung?

Ada banyak klasifikasi gagal jantung. Klasifikasi yang paling umum berdasarkan pada kekuatan fungsi memompa dari ventrikel kiri jantung (fraksi ejeksi). Pada jantung normal, 50 sampai 70% darah dipompa melalui ventrikel kiri di setiap kontraksi. Gagal Jantung dengan fraksi ejeksi yang diawetkan (Heart Failure with Reduced Ejection Fraction, HFrEF) merujuk pada pasien dengan gagal jantung dan fraksi ejeksi pada ventrikel kiri kurang dari 50%; ini artinya fungsi pompa jantung lemah. HFrEF terjadi pada pasien dnegan gejala gagal jantung ketika lebih dari 50% darah dipompa melalui ventrikel kiri di setiap kontraksi; dalam kasus ini gagal jantung terjadi karena otot jantung yang kaku.

Dapatkan seseorang mengalami gagal jantung tanpa menyadarinya?

Ya. beberapa pasien tidak menyadari bahwa mereka memiliki gagal jantung sampai mereka punya penyakit lain yang lebih parah. Pasien usia muda banyak mengalami hal ini, meskipun cenderung tidak merasa sakit sampai gejalanya menjadi serius. Grup kedua adalah lansia. Mereka sering berpikir bahwa sesak napas adalah bagian dari penuaan dan tidak mencari pertolongan medis. Grup ketiga adalah obesitas dan mereka yang memiliki gaya hidup sedentari; karena mereka tidak banyak menguras tenaga, mereka tidak mengalami gejala susah napas.

Apa faktor resiko gagal jantung?

Secara umum, pasien dengan faktor resiko kardiovaskular seperti diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan obesitas memiliki peningkatan resiko gagal jantung dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki kondisi tersebut. Konsumsi alkohol berat dan merokok adalah gaya hidup yang bisa menuju pada gagal jantung. Pasien dengan kondisi jantung tersembunyi seperti penyakit arteri koroner, masalah ritme, dan penyakit katup sering menghasilkan gagal jantung. Ada juga warisan genetik yang bisa menyebabkan resiko gagal jantung semakin tinggi dalam keluarga.

Apakah merokok berhubungan dengan penyakit jantung?

Ya, merokok bisa secara langsung maupun tidak langsung menyebabkan penyakit jantung. Pengaruhnya bisa berbeda pada setiap orang dan dengan tingkatan berbeda karena susunan genetik yang berbeda pada semua orang. Merokok (rokok tembakau dan elektrik) merusak susunan arteri, memicu pertumbuhan gumpalan lemak (atheroma) yang mempersempit arteri. Ini bisa menyebabkan angina, serangan jantung, atau stroke. Nikotin dan substansi berbahaya lainnya juga bisa menyebabkan tekanan darah dan detak jantung meningkat, dan konsentrasi hormon stres dalam tubuh juga ikut naik, menyebabkan peningkatan tekanan pada jantung.

Apa pilihan penanganan yang ada?

Penanganan gagal jantung ringan meliputi pengobatan dan modifikasi gaya hidup sederhana. Dalam konteks gaya hidup, kami menyarankan pengurangan konsumsi garam hingga kurang dari 1,5 gram sehari. Tergantung pada keparahan gagal jantung pasien dan kehadiran kondisi medis lain seperti penyakit ginjal dari liver, kami juga menyarankan untuk membatasi konsumsi cairan hingga 1 sampai 2 liter saja. Berhenti merokok dan kurangi alkohol untuk mengurangi kerusakan jantung yang semakin parah. Latihan fisik rutin juga baik untuk jantung.

Pengobatan bisa membantu stabilisasi kondisi seperti mengontrol gejala gagal jantung, mengurangi kebutuhan opname di rumah sakit dan meningkatkan harapan hidup.

Apa penanganan tingkat lanjut untuk gagal jantung?

Transplantasi jantung adalah penanganan yang ideal untuk pasien dengan gagal jantung parah. Prosedur ini biasanya dilakukan di akhir tahap gagal jantung ketika prosedur pengobatan dan bedah lainnya telah gagal. Namun, prosedur ini melibatkan kebijakan dan legislasi dari pemerintah serta program transplantasi komprehensif.

Alat bantu ventrikel adalah pompa jantung artifisial dan ditanamkan melalui operasi untuk membantu fungsi pompa pada jantung yang lemah. Pompa ditanam pada apex jantung di dalam dada melalui operasi jantung terbuka. Satu set kabel menghubungkan pompa ke baterai yang terletak di luar tubuh. Pompa ini membantu mengirimkan darah ke seluruh tubuh, secara signifikan meredakan gejala gagal jantung, meningkatkan kualitas hidup dan daya tahan jantung pasien. Dengan batasan tertentu, pasien tetap dapat menjalani hidup normal.

Pada usia berapa seseorang harus mulai memperhatikan kesehatan jantung?

Kita semua harus mulai memperhatikan kesehatan jantung sejak usia muda, sekitar awal 20-an. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Seseorang yang memiliki riwayat penyakit jantung dalam keluarga harus menjalani pemeriksaan 5 sampai 10 tahun sebelum memasuki usia timbulnya penyakit jantung pada anggota keluarga yang mengalaminya. Tes ini meliputi tes darah untuk memeriksa faktor resiko kardiovaskuler seperti diabetes, tekanan darah, dan kolesterol. Gaya hidup aktif dan berhenti merokok juga sangat disarankan.

Apakah jenis kelamin mempengaruhi penyakit jantung?

Ya, kaum pria lebih rentan terhadap penyakit arteri koroner. Penelitian menunjukkan bahwa wanita dilindungi oleh hormon estrogen. Setelah menopause, resiko penyakit jantung sama pada kedua jenis kelamin.

Perubahan pola makan?

Kami menyarankan diet rendah gula, garam, dan lemak jenuh. Kita semua harus banyak makan buah dan sayur. Makanan dengan kandungan asam lemak omega 3 juga bisa membantu pencegahan penyakit jantung.

dr. Lim Choon Pin adalah dokter spesialis jantung di Singapura. Diterjemahkan dari artikel A talk with Dr Lim Choon Pin on heart failure.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

  • Rekomendasi dokter/rumah sakit
  • Buat janji dokter spesialis
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Cari paket medical check up

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda