dr Liew Hui Min

Wawancara dr. Liew Hui Min Tentang Alergi Kulit

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Apa itu alergi kulit?

Alergi kulit secara umum dikenal dengan nama eksim atau urtikaria. Eksim adalah kondisi kulit gatal berulang yang umum pada bayi, anak-anak, dan dewasa. 

Eksim menyebabkan area kulit menjadi merah, meradang, dan kering pada kulit, biasanya pada daerah lipatan tetapi bisa menyerang permukaan kulit mana saja pada kasus yang parah, dan oleh sebab itu bisa mempengaruhi kualitas hidup. 

Kondisi ini biasanya diwariskan dalam keluarga dan mungkin ada riwayat personal atau keluarga yang terkena asma dan rinitis alergi.

Urtikaria juga merupakan fenomena kulit umum ketika kulit tiba-tiba terasa gatal dengan pembengkakan di satu atau beberapa area yang terlihat seperti gigitan nyamuk. Ruam gatal ini biasanya mereda setelah beberapa jam namun bisa datang lagi pada hari berikutnya atau beberapa minggu setelahnya.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Apa yang menyebabkan alergi kulit?

Ada banyak faktor yang menyebabkan eksim. Pada eksim kulit, pelindung kulit rusak karena mutasi genetik yang ada pada lapisan atas kulit, memungkinkan agen lingkungan seperti tungau debu rumah, wewangian, perubahan cuaca, hewan peliharaan, dsb untuk mengiritasi kulit. 

Sebagai tambahan, penyebab lain seperti infeksi kulit, stres, dan kadang makanan (terutama pada anak-anak) juga bisa menjadi faktor pemicu kekambuhan.

Sedangkan untuk urtikaria, penyebabnya biasanya tidak diketahui. Pada kasus-kasus akut (ruam biasanya bertahan hingga 6 minggu), penyebab umumnya adalah infeksi viral, pengobatan, atau makanan yang baru saja dikonsumsi. 

Pada kasus lain yang lebih kronis, penyebabnya bisa karena perubahan temperatur lingkungan, tekanan pada kulit, atau mungkin karena penyakit tiroid tersembunyi atau diabetes, atau penyebab internal lainnya.

Tes apa yang bisa dilakukan untuk mengetahui penyebabnya?

Pada kasus eksim, khususnya jika ada riwayat alergi makanan atau agen lingkungan, uji tusuk kulit atau tes darah bisa dilakukan untuk menentukan apakah Anda memiliki alergi tertentu.

Uji tusuk kulit bisa dilakukan dengan mudah dan hasilnya bisa muncul hanya dalam 15 menit saja, sementara hasil tes darah akan keluar dalam waktu 1 sampai 3 minggu. Pada kasus dimana eksim bisa disebabkan oleh kontak seperti pewarna rambut, metal, wewangian, pengawet dalam krim, kita bisa melakukan patch test.

Prosedur patch test meliputi pengaplikasian setidaknya 3 panel perekat zat alergi, biasanya di punggung selama 3 hari dan pada hari ke-5, dokter spesialis kulit akan memeriksa apakah kulit Anda memberikan reaksi alergi. Di antara dari ke-3 dan ke-5, Anda disarankan untuk tidak mandi atau berolahraga. Pasien akan diberikan saran tertentu jika ada reaksi positif.

Pada kasus urtikaria dan dimana dicurigai ada alergi, uji tusuk kulit dan tes darah bisa dilakukan. Patch test tidak disarankan untuk urtikaria.

Dengan semua tes alergi yang telah disebutkan, untuk mendapatkan hasil terbaik lakukan saat kondisi kulit lebih tenang dengan cara menghindari antihistamin oral selama 1 minggu dan steroid oral selama 2 minggu sebelum tes.

Apa yang bisa saya lakukan untuk memperbaiki kondisi kulit saya?

Pada kasus eksim, memilih pelembab dan sabun yang tepat untuk kulit Anda sangat penting. Pelembab harus digunakan setiap hari untuk mencegah peradangan. 

Jika ada ruam yang tidak kunjung hilang, disarankan untuk menggunakan steroid topikal untuk meredakan inflamasi dan rasa gatal sebelum terjadi infeksi kulit. Krim steroid topikal sangat aman selama digunakan dengan benar di bawah pengawasan dokter. 

Namun, untuk area kulit yang lembut, seperti pada wajah dan mata, krim dengan steroid rendah dengan kandungan tacrolimus juga bisa digunakan, di bawah pengawasan dokter. 

Pada kasus lain yang lebih parah, dokter spesialis kulit Anda akan memberikan rencana perawatan lanjutan yang diperlukan, seperti wet-wrap therapy (pada anak-anak), phototherapy, atau pengobatan oral untuk menekan ruam eksim.

Pada kasus urtikaria, antihistamin oral harus dikonsumsi secara harian selama beberapa waktu, tergantung pada tingkat keparahan ruam. Ada banyak jenis antihistamin oral, tipe sedatif dan non-sedatif. 

Pelembab pendingin juga bisa digunakan untuk meredakan gatal karena kulit yang terus menerus digaruk akan memperburuk kondisi kulit. Pada kasus yang parah, pengobatan oral dan injeksi biologis dapat digunakan untuk meredakan peradangan.

Apa prognosis dari kondisi alergi kulit ini?

Mayoritas kasus eksim ditangani dengan pelembab rutin dan pengguna steroid topikal berkala. Pada bayi atau balita, eksim akan semakin mereda seiring bertambahnya usia. 

Pada sedikit kasus lain, kondisi eksim mereka justru memburuk, disebabkan oleh berbagai penyebab di atas dan dibarengi dengan kurangnya pengetahuan dan manajemen konseling mengenai eksim.

Pada sebagian besar kasus urtikaria, kondisi kulit akan membaik dalam waktu 2 bulan. Pada kasus parah lain yang lebih kronis, kondisi ini bisa berlangsung selama berbulan-bulan hingga 5 tahun.

dr. Liew Hui Min adalah dokter spesialis kulit di Singapura. Diterjemahkan dari artikel FAQ with Dr Liew: “What Is Skin Allergy?”.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

  • Rekomendasi dokter/rumah sakit
  • Buat janji dokter spesialis
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Cari paket medical check up

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda